Setelah sukses dengan dua walkthru/petunjuk game Pokemon berbahasa Indonesia sebelumnya, kini Elite Four L kembali menghadirkan walkthru berbahasa Indonesia khusus dan eklusif untuk POIN, kali ini adalah walkthru Pokemon Platinum. Sama seperti dua walkthru sebelumnya, walkthru ini disusun dengan sesingkat mungkin namun meliputi bagian besar keseluruhan dari game.
Pokemon Platinum adalah seri ketiga pelengkap game Pokemon utama generasi keempat setelah Diamond & Pearl. Game ini menampilkan Giratina Origin Form sebagai maskotnya yang menjadi bagian dari jalan cerita utama Pokemon Platinum. Dibandingkan dua game sebelumnya, Pokemon Platinum memiliki fitur yang lebih lengkap seperti Battle Frontier dan area tambahan lainnya yang salah satunya adalah Distortion World. PokeDex Sinnoh pun mengalami penambahan hingga seluruhnya kini berjumlah 210 Pokemon. Bagi para POINers sangat disarankan untuk memainkan game Platinum daripada Diamond atau Pearl karena dalam versi ini kalian bisa menangkap tiga trio Naga sekaligus: Dialga, Palkia, dan tentu saja Giratina.
L memang sengaja tidak menulis walkthru ini secara lengkap dengan data-data Pokemon atau informasi-informasi lainnya karena hal itu pastinya akan mengurangi kenikmatan permainan. So, inilah walkthru Pokemon Platinum berbahasa Indonesia... eklusif di POIN!


Walkthru ini telah direkomendasikan oleh pakar Pokemon Platinum, Rice2025 (Mirza).


PERHATIAN!!!
Pokemon Platinum yang asli adalah yang dirilis untuk mesin Nintendo DS, bukan GBA. Pokemon Platinum yang ada di GBA adalah game hack dan POIN tidak membahas game hack seperti itu. Pastikan kalian untuk memainkan game Platinum yang asli dari Nintendo untuk NDS.
Are You Boy or Girl?

Selamat datang di dunia Pokemon, di region Sinnoh yang luas. Petualangan besar kalian sebagai trainer Pokemon bermulai disini, di sebuah kota kecil kota Twinleaf. Saat baru memulai permainan, Profesor Rowan akan menanyakan apakah kalian anak laki-laki atau anak perempuan, namamu, dan nama rival/teman/saingan kalian. Selanjutnya kalian akan menyaksikan acara televisi. Setelah menyaksikan acara televisi, rival kalian akan datang dan mengajak kalian menemui Profesor Rowan untuk meminta Pokemon setelah itu dia pergi begitu saja. Turunlah ke lantai bawah dan ibu kalian akan mengatakan kalau berjalan di rumput liar tanpa Pokemon itu sangatlah berbahaya. Keluarlah dari rumah dan pergilah ke rumah rival kalian. Saat akan masuk ke dalam rumahnya, teman kalian tiba-tiba muncul dari dalam lalu masuk kembali ke dalam rumah. Masuklah ke dalam, naik ke kamarnya dan rival kalian akan pergi lagi. Berikutnya keluarlah dari rumah dan berjalanlah ke utara (atas) keluar dari kota Twinleaf. Rival kalian sudah menunggu di persimpangan dan dia mengajak kalian melintasi rumput liar untuk bisa pergi menemui Profesor Rowan di kota Sandgem. Kalian ingat nasehat ibu kalian bahwa sangatlah berbahaya berjalan di rerumputan liar tanpa Pokemon, tapi rival kalian tetap nekat mau berlari melintasi rerumputan. Beruntung seorang lelaki tua yang ternyata Profesor Rowan datang dan mencegahnya berlari.Kemudian datang asisten Profesor Rowan yaitu Dawn/Lucas membawa koper Profesor Rowan.Walaupun ragu, akhirnya Profesor Rowan memberikan salah satu Pokemon kepada kalian.Ada tiga Pokemon starter yang bisa kalian pilih yaitu Turtwig yang bertipe Grass, Chimchar yang bertipe Fire, dan Piplup yang bertipe Water. Pilihlah satu dari tiga Pokemon itu dan rival kalian akan ikut memilih Pokemon yang memiliki keuntungan tipe melawan Pokemon kalian. Profesor Rowan dan Dawn/Lucas lalu pergi dan rival kalian menantang kalian dalam pertarungan Pokemon.
Pertarungan Pokemon Pertama

Dalam pertarungan Pokemon, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan yaitu: HP, Move, dan Status. HP atau Hit Points adalah indicator kesehatan Pokemon kalian. Apabila bar HP sampai habis mencapai angka 0, maka Pokemon kalian akan fainted atau pingsan sehingga tidak bisa digunakan dalam pertarungan Pokemon. Untuk membangkitkannya kembali, kalian perlu membawanya ke Pokemon Center atau memberikannya item Revive. Apabila HP kalian berkurang, kalian bisa menambahkannya dengan berbagai item penambah HP seperti Potion, Super Potion, dan Hyper Potion yang bisa dibeli di PokeMart. Berikutnya yaitu Move. Move adalah jurus yang digunakan Pokemon dalam pertarungan. Ada tiga jenis jurus yaitu Attack/Physical Attack, Special Attack, dan Other. Attack atau serangan fisik adalah serangan yang memungkinkan persentuhan dengan Pokemon lawan seperti Tackle atau Scratch. Move dengan jenis ini memiliki dampak terhadap stat Defense. Jenis yang kedua yaitu Special Attack atau serangan yang tidak memungkinkan persentuhan dengan Pokemon lawan seperti Ember dan Bubble. Move dengan jenis ini memiliki dampak terhadap stat Special Defense. Sementara jenis terakhir yaitu Other move merupakan move yang menghasilkan efek tertentu dalam pertarungan, baik efek meningkatkan/menurunkan stat Pokemon pengguna atau Pokemon lawan, juga efek-efek lainnya. Contoh move ini yaitu Withdraw yang akan meningkatkan Defense Pokemon penggunanya sehingga Attack/Physical Attack akan sulit berdampak pada Pokemon yang bersangkutan. Setiap Pokemon memiliki sampai empat batas maksimal move yang bisa dipelajari. Move-move ini bisa dipelajari melalui peningkatan level atau level-up, melalui TM/HM, move tutor, atau breeding.Apabila Pokemon akan mempelajari move baru sementara slot move yang dimilikinya sudah penuh, maka move lama bisa dihapus atau dipertahankan. Pengecualian untuk HM move yang hanya bisa dihapus melalui move delete. Masing-masing move memiliki batasan penggunaan yang disebut Power Points atau PP. Apabila PP ini habis maka Pokemon tidak bisa menggunakan move tersebut. PP itu akan kembali terisi penuh apabil Pokemon dibawa ke Pokemon Center atau diberikan Ether/Elixir.
Memenangkan Pertarungan

Apabila kalian berhasil memenangkan suatu pertarungan, Pokemon kalian yang ikut serta dalam pertarungan itu akan mendapatkan sejumlah EXP atau Experience yang akan meningkatkan level Pokemon tersebut apabila telah mencapai batasnya. Apabila Pokemon kalian mencapai level-level tertentu, Pokemon kalian bisa mempelajari move baru atau bisa berevolusi. Evolusi adalah perubahan yang terjadi pada Pokemon sehingga berubah menjadi Pokemon baru yang lebih kuat. Peningkatan level adalah cara yang umum dalam evolusi Pokemon, namun tidak semua Pokemon berevolusi melalui peningkatan level atau level-up. Beberapa Pokemon hanya mengalami evolusi apabila dikenakan perlakukan khusus seperti dipapar batu evolusi, peningkatan happiness, atau melalui trade. Inilah yang kemudian disebut dengan melatih Pokemon, yaitu menjadikan mereka mencapai level tinggi, memiliki stat yang bagus, dan berada dalam kondisi tertentu.
Lelaki Misterius Bernama Cyrus

Setelah mengalahkan rival kalian, kalian akan kembali di rumah. Mengetahui Profesor Rowan memberikan Pokemon kepada kalian, ibu kalian akan menyuruh kalian pergi ke kota Sandgem untuk mengucapkan terima kasih. Sebelum kalian pergi, ibu kalian akan memberikan sepasang running shoes. Dengan menekan dan menahan tombol B lalu menggerakkan tombol arah, kini kalian bisa berlari dengan cepat. Berikutnya keluarlah dari rumah, pergi keluar kota Twinleaf dan kalian akan kembali bertemu rival kalian di persimpangan. Rekan kalian mengajak kalian menemui Profesor Rowan untuk mengucapkan terima kasih, tapi sebelum itu dia mengajak kalian ke Verity Lakefront untuk melihat Pokemon disana.Maka pergilah ke sebelah barat (kiri) ke Verity Lakefront. Disana kalian akan melihat seorang lelaki aneh berambut biru bernama Cyrus berbicara sendiri dan kemudian dia pergi melewati kalian. Selanjutnya rival kalian akan meninggalkan kalian, pergi terlebih dahulu menuju kota Sandgem.
Pokemon Liar

Untuk mencapai kota Sandgem kalian akan melewati rerumputan liar tinggi. Apabila kalian masuk melewatinya, kesempatan bertemu dengan Pokemon liar pun akan terbuka. Pokemon-Pokemon liar tinggal di tempat-tempat seperti rerumputan, gua, atau lautan.Beberapa Pokemon hanya muncul pada waktu-waktu tertentu saja seperti di pagi hari atau di malam hari.Terserah kalian apakah mau melawan mereka atau pergi dengan RUN.Dengan mengalahkan Pokemon-Pokemon itu akan menambah EXP Pokemon kalian. Meski begitu kemunculan Pokemon liar bisa dicegah apabila kalian menggunakan Repel dan meletakkan Pokemon dengan level yang lebih tinggi dari Pokemon liar di baris pertama party kalian. Pokemon-Pokemon ini nantinya bisa ditangkap apabila kalian sudah memiliki PokeBall, bola penangkap Pokemon liar.
Kota Sandgem

Melangkahlah ke arah timur (kanan) melewati rute 201. Di rute 201 kalian akan bertemu beberapa orang. Tidak hanya disitu saja, tapi di sepanjang perjalanan kalian sebagai trainer Pokemon kalian akan bertemu banyak orang. Pastikan kalian selalu berbicara dengan orang-orang itu karena beberapa item dan petunjuk didapatkan melalui percakapan tersebut. Jadi sekali lagi pastikan kalian berbicara dengan semua orang yang kalian temui dalam perjalanan kalian.Jangan lupa pula untuk masuk ke dalam rumah-rumah yang kalian temui dan bicara dengan orang di dalamnya.Oke, berikutnya melintasi rute 201 kalian akan mencapai kota Sandgem. Asisten Profesor Rowan, Dawn/Lucas telah menanti kalian disana dan dia akan mengajak kalian masuk ke laboratorium Profesor Rowan. Tapi sebelum kalian sempat masuk ke dalam laboratorium itu, rival kalian akan terlebih dulu keluar dan pergi begitu saja. Berikutnya masuklah ke dalam lab dimana Profesor Rowan telah menunggu. Profesor Rowan kemudian akan member kalian alat bernama PokeDex dan beliau meminta kalian untuk berpetualang menangkap banyak Pokemon untuk mengumpulkan data-data Pokemon di Sinnoh. Dawn/Lucas lalu mengajak kalian keluar tapi sebelum kalian pergi lebih jauh, Profesor Rowan memanggil kalian dan memberikan kalian TM Return.TM atau Technical Move adalah item berisi move-move tertentu untuk kemudian diajarkan kepada Pokemon.Penggunaan TM hanya berlaku satu kali saja, jadi gunakanlah TM dengan bijak.Terserah kalian mau menggunakannya atau menyimpannya.


Mengenal Pokemon Center dan PokeMart

Setelah itu Dawn/Lucas akan memandu kalian berkeliling kota Sandgem. Dia akan menunjukkan Pokemon Center dan PokeMart. Pokemon Center adalah tempat untuk mengembalikan HP Pokemon atau membangkitkan Pokemon yang fainted/pingsan. Bicara dengan wanita dibalik meja dan dia akan menyembuhkan Pokemon kalian dengan cepat. Di sampingnya ada sebuah computer yang bisa kalian gunakan untuk menyimpan Pokemonyaitu Someone’s PC/Bebe’s PC. Beralih pada bangunan beratap biru adalah PokeMart. Di PokeMart kalian bisa membeli item-item yang berguna dalam petualangan kalian seperti Potion, Antidote, atau PokeBall. Ada banyak item yang dijual di PokeMart dan setiap PokeMart menjual barang-barang yang berbeda pula.


Kembali ke Twinleaf

Setelah berkeliling, Dawn/Lucas menyuruh kalian pulang ke rumah untuk meminta izin pada ibu kalian. Maka kembalilah ke kota Twinleaf dimana kalian bisa mengambil jalur cepat dengan meloncat dari pembatas bukit yang berwarna cokelat. Kalian bisa lompat darisana, namun kalian tidak bisa berjalan melewatinya dari bawah. Sesampainya di Twinleaf, bicara dengan ibu kalian dan kalian akan mendapatkan jurnal untuk mencatat perjalanan kalian. Setelah meminta izin, keluarlah dari rumah tapi sebelumnya ibu rival kalian akan datang dan menitipkan Parcel kepada kalian untuk diberikan kepada rival kalian. So, berikutnya pergilah kembali ke kota Sandgem.
Menangkap Pokemon Liar

Dari kota Sandgem, pergilah ke utara (atas) ke rute 202 dan kalian akan bertemu dengan Dawn/Lucas. Kali ini dia akan mengajarkan cara menangkap Pokemon kepada kalian dengan PokeBall. Untuk menangkap Pokemon liar, yang kalian harus kalian lakukan pertama kali adalah mengurangi HP Pokemon liar yang akan kalian tangkap hingga berkurang paling tidak sampai batas merah, jangan sampai fainted. Berikutnya lemparkan PokeBall ke arahnya untuk menangkapnya. PokeBall tidak selalu berhasil menangkap Pokemon dengan tepat karena setiap Pokemon memilih catch rate atau tingkat tangkapan yang berbeda sehingga kalian mungkin butuh melemparkan PokeBall beberapa kali untuk menangkap Pokemon yang kalian inginkan. Jenis PokeBall sendiri ada banyak yang masing-masing memiliki fungsinya masing-masing.Perlu diketahui bahwa menangkap Pokemon adalah hal yang penting untuk mengisi data PokeDex.Jadi pastikan kalian menangkap Pokemon-Pokemon yang kalian temui di alam liar untuk mengisi data PokeDex kalian karena itulah inti dari permainan Pokemon, melengkapi data-data yang ada dalam PokeDex.Jangan malas berusaha menangkap Pokemon karena jumlah tangkapan Pokemon kalian berpengaruh pada kelanjutan perjalanan kalian sebagai trainer Pokemon.Pokemon-Pokemon ini bisa kalian bawa di sepanjang perjalanan kalian hingga batas enam Pokemon. Apabila slot party kalian keenamnya telah terisi penuh, maka Pokemon yang kalian tangkap akan secara otomatis terkirim ke Someone’s PC/Bebe’s PC dan kalian bisa mengambilnya di komputer Pokemon Center. Kalian tidak bisa hanya membawa stau Pokemon saja dalam party kalian karena itu akan menyulitkan perjalanan kalian.


Trainer Eyes: Trainer Battle

Di rute 202 kalian untuk pertama kalinya akan bertemu dengan trainer eyes, yaitu tantangan bertarung dari para trainer Pokemon lainnya apabila trainer-trainer itu melihat kalian. Kalian bisa menghindari pertarungan dengan trainer-trainer ini dengan cara menghindari kontak mata dengan mereka, tapi kalian perlu melawan mereka untuk melatih Pokemon kalian. Apabila kalian berhasil memenangkan pertarungan melawan trainer Pokemon lain itu kalian akan mendapatkan sejumlah uang demikian juga sebaliknya, apabila kalian kalah dalam pertarungan itu, kalian akan membayar sejumlah uang pada mereka.
Kota Jubilife: Trainers’ School

Melewati rute 202 akan membawa kalian ke kota Jubilife. Disini kalian akan bertemu kembali dengan Dawn/Lucas yang akan menunjukkan kalian pada Trainers’ School. Tapi sebelum itu kalian bertemu dengan Looker, anggota polisi internasional yang sedang menyamar. Dia akan berbaik hati memberikan VS Recorder kepada kalian. Setelah itu masuklah ke dalam Trainers’ School dan kalian akan bertemu rival kalian. Rival kalian kemudian akan pergi begitu saja setelah kalian memberikan parcel padanya dan kalian akan mendapatkan Town Map, peta region Sinnoh. Di papan tulis Trainers’s School ini kalian bisa membaca status-status yang bisa berpengaruh di dalam pertarungan Pokemon. Ada lima status yang perlu kalian ketahui yaitu Poisoned/keracunan atau PSN yang akan mengurangi HP Pokemon di setiap turn, obatnya adalah Antidote; Paralyzed atau PAR yang terkadang membuat Pokemon lumphuh tidak bisa bergerak, obatnya adalah Parylz Heal; Asleep atau SLP yaitu Pokemon tertidur sehingga tidak bisa menyerang hingga terbangun, obatnya adalah Awakening; Burned/terbakar atau BRN yang membuat HP Pokemon berkurang di setiap gilirannya, obatnya adalah Burned Heal; dan Frozen/membeku atau FRZ yang membuat Pokemon tidak bisa menyerang sampai esnya meleleh, obatnya adalah Ice Heal. Selain status-status itu kalian juga perlu tahu mengenai tipe elemen Pokemon.Setiap Pokemon memiliki tipe elemennya masing-masing maksimal memiliki dua tipe elemen.Ada tujuh belas tipe elemen yang bisa dimiliki oleh Pokemon dan masing-masing tipe elemen itu memiliki kelemahan, ketahanan, atau imunitas terhadap serangan bertipe elemen tertentu.Sebagai contoh adalah tipe Fire, tipe ini lemah terhadap serangan tipe Water namun unggul terhadap serangan tipe Grass.Contoh lainnya yaitu serangan bertipe Electric yang tidak mempan terhadap Pokemon bertipe Ground.
Kota Jubilife: Poketch

Apabila kalian sudah selesai mencari tahu di Trainers’ School, maka berikutnya keluarlah dan seorang lelaki gemuk telah menanti kalian di samping Trainers’ School. Dia akan meminta kalian mencari tiga badut promosi Poketch. Cari tiga badut itu di kota Jubilife, jawab pertanyaannya dengan benar, dapatkan kupon dan berikutnya temui kembali lelaki gemuk itu. Dia akan memberikan Poketch atau Pokemon Watch secara cuma-cuma. Poketch adalah sebuah aplikasi serbaguna untuk trainer Pokemon.Tampilan Poketch terlihat pada layar sentuh Nintendo DS yang bisa kalian gunakan kapan saja.Poketch memiliki banyak fitur menarik yang sebagian besar fitur tambahan itu bisa kalian dapatkan di sepanjang perjalanan kalian.


Menuju Oreburgh: HM

Setelah mendapatkan Poketch, pergilah ke arah timur (kanan) menuju rute 203. Saat baru keluar kota kalian akan dihadang oleh rival yang langsung mengajak kalian bertarung. Kalahkan dia dan teruskan perjalanan di rute 203 hingga kalian mencapai gua Oreburgh Gate. Seorang pendaki di dalam Oreburgh Gate akan memberikan HM6 Rock Smash. HM atau Hidden Machine adalah item yang mengajarkan move tertentu pada Pokemon, sama seperti TM. Bedanya HM bisa digunakan di luar battle untuk menyingkirkan penghalang-penghalan tertentu atau untuk melewati tempat-tempat tertentu. Meski begitu HM move baru bisa digunakan di luar pertarungan setelah mendapatkan lencana atau badge gym yang merupakan syarat penggunaannya. Dalam contoh ini HM6 Rock Smash baru bisa digunakan untuk menghancurkan baru kecil yang menghalangi jalan setelah mendapatkan lencana gym kota Oreburgh. Perbedaan lainnya antara HM dengan TM adalah HM dapat digunakan atau diajarkan berkali-kali namun menghapusnya hanya bisa dilakukan pada move deleter.


Kota Oreburgh

Saat kalian baru mencapai kota Oreburgh, seorang anak laki-laki akan memandu kalian menuju ke gedung gym. Gym adalah bangunan dimana kalian akan melawan gym leader untuk mendapatkan lencana gym atau badge.Selain mengumpulkan data PokeDex, tujuan lain dari seorang trainer Pokemon adalah mengumpulkan delapan lencana gym yang tersebar di delapan kota berbeda di region Sinnoh. Lencana atau badge tersebut didapatkan apabila kalian berhasil mengalahkan setiap gym leader dari gym yang kalian temui. Setiap gym leader merupakan spesialis Pokemon bertipe elemen tertentu dan masing-masing menggunakan Pokemon dengan tipe yang sama. Dan gym leader pertama ada di kota Oreburgh. Akan tetapi ternyata rival kalian sudah berada lebih dulu di gym dan dia menghalangi pintu masuk gym. Dia mengatakan bahwa gym leader Oreburgh sedang berada di Oreburgh Mine atau tambang Oreburgh.So, apabila kita ingin menantangnya bertarung, kita harus terlebih dulu menemuinya di Oreburgh Mine. Tapi sebelum itu ada baiknya kalian berkeliling kota Oreburgh terlebih dahulu. Di kota ini terdapat museum tambang atau Mining Museum dimana kalian bisa membangkitakn fosil Pokemon. Fosil Pokemon adalah fosil purbakala yang apabila dibangkitkan akan berubah menjadi Pokemon. Fosil ini bisa didapatkan di underground Sinnoh.


Ability Pokemon dan Pokemon Shiny

Bila kalian berkeliling kota Oreburgh kalian pasti mendengar yang disebut ability dan Pokemon shiny. Ability adalah kemampuan khusus yang dimiliki Pokemon yang berpengaruh baik dalam pertarungan Pokemon ataupun di luar pertarungan.Sebagai contoh adalah ability Pick-up yang dimiliki oleh Pachirisu.Ability ini memungkinkan Pachirisu mendapatkan item saat kalian berjalan.Contoh lainnya adalah ability Blaze yang dimiliki Chimchar. Ability ini memiliki efek di dalam pertarungan dimana kekuatan serangan bertipe Fire akan meningkat apabila HP Chimchar tinggal sepertiga atau berada di bawahnya. Pengetahuan tentang ability ini penting untuk diketahui karena berpengaruh di sepanjang perjalanan kalian.Sementara itu yang disebut Pokemon shiny adalah Pokemon yang memiliki warna berbeda dari warna umum Pokemon tersebut.Misalnya adalah Kecleon.Warna normal Kecleon adalah hijau, sementara warna shinynya adalah ungu.Tak ada perbedaan siginifikan antara Pokemon shiny dengan Pokemon normalnya, hanya pada warna dan juga kemunculannya dimana Pokemon shiny sangat jarang ditemukan di alam liar.Pokemon shiny biasanya dikenali melalui cahaya berkilauan saat kita menemukannya di alam liar.


Trade atau Pertukaran Pokemon

Di salah satu rumah kota Oreburgh terdapat anak perempuan yang menawarkan Abra untukmu dengan menukarkan Machop. Hal ini disebut dengan trade atau pertukaran Pokemon. Di sepanjang petualangan kalian kalian akan menemukan beberapa orang yang akan menawarkan pertukaran Pokemon. Apabila kalian memiliki Pokemon yang mereka inginkan, kalian bisa menukarkannya dengan Pokemon yang mereka tawarkan yang kebanyakan adalah Pokemon langka seperti Chatot. Trade Pokemon ini tidak hanya ada di dalam game yang kalian mainkan saja, akan tetapi bisa juga melakukan trade dengan mesin NDS lain milik teman kalian atau melalui Global Terminal di kota Jubilife setelah kalian mengalahkan Roark. Beberapa Pokemon mengalami evolusi setelah melalui trade, beberapa lainnya membutuhkan hold item tertentu agar evolusi bisa terjadi.
Gym Leader Pertama: Roark

Pergilah ke Oreburgh Mine di selatan kota Oreburgh. Telusuri terus tambang itu hingga kalian bertemu dengan seseorang berhelm merah disana. Dia akan menunjukkan cara menggunakan Rock Smash dan kemudian pergi kembali ke gymnya. Berikutnya pergilah ke gym Oreburgh, masuk ke dalamnya dan lawan Gym Leader Roark.Roark adalah gym leader dengan spesialisasi Pokemon tipe Rock.Pokemon tipe Rock lemah terhadap serangan bertipe Water, Grass, Fighting, Ground, dan Steel.Jadi gunakan salah satu serangan bertipe tersebut untuk mengalahkannya dengan mudah. Setelah terkalahkan Roark akan memberikan lencana pertama dan juga TM Stealth Rock. Kalian pun kini bisa menggunakan move Rock Smash di luar pertarungan.
Kota Jubilife: Jubilife TV

Setelah mengalahkan Roark, kembalilah ke kota Jubilife. Tapi sebelum kalian meninggalkan Oreburgh, rival kalian akan datang dan mengatakan bahwa gym berikutnya ada di kota Eterna. Kemudian saat akan memasuki kota Jubilife, kalian akan berpapasan dengan Looker. Pergilah ke utara (atas) kota Jubilife dan kalian akan melihat dua orang berpakaian aneh sedang menodong Profesor Rowan dan Dawn/Lucas untuk merebut hasil penelitian. Dawn/Lucas lalu mengajak kalian bertarung ganda atau double battle melawan kedua orang itu. Setelah menang, Profesor Rowan dan Dawn/Lucas akan pergi dan bagian promosi Jubilife TV datang menginformasikan bahwa gedung Jubilife TV sudah bisa dimasuki bila kalian ingin mendandani Pokemon kalian. Kalian bisa mengunjungi Jubilife TV terlebih dahulu atau meneruskan perjalanan ke rute 204.


Kota Floaroma

Dari kota Jubilife pergilah ke utara ke rute 204 dan masuki Ravaged Path hingga keluar ke bagian lain/atas rute 204 hingga kalian mencapai kota Floaroma. Di kota Floaroma ini terdapat toko Pick a Peck of Color Flower Shop. Masuklah ke dalamnya untuk mendapatkan Sprayduck.Di toko ini kalian bisa menukarkan berry dengan aksesoris untuk Pokemon kalian.Berry adalah tanaman yang bisa kalian temukan di sepanjang Sinnoh. Berry bisa digunakan sebagai obat untuk Pokemon dan juga bisa dimasak menjadi Poffin. Setiap kali kalian memetik berry di pinggir-pinggir jalan, pastikan untuk menanam kembali dan menyiramnya dengan Sprayduck untuk menumbuhkan berry baru. Selain toko berry itu, di sudut kiri atas kota ini terdapat Floaroma Meadow yang saat ini belum bisa dilewati karena jalannya dihalangi oleh dua orang berkostum aneh yang mengaku sebagai Team Galactic. Jadi berikutnya lanjutkan perjalanan ke rute 205 di timur (kanan) kota menuju Valley Windworks dimana seorang anak perempuan disitu meminta tolong pada kalian untuk menyelamatkan ayahnya di Valley Windworks.


Sweet Honey

Bicaralah dengan Tim Galactic di depan pintu Valley Windworks dan kalahkan dia. Setelah itu pergilah kembali ke kota Floaroma dan kini tidak ada Tim Galactic yang menghalangi jalan ke Floaroma Meadow. Pergilah ke Floaroma Meadow dan kalahkan dua Tim Galactic yang sedang menodong bapak-bapak disana. Setelah terkalahkan, Tim Galactic akan pergi dan tidak sengaja menjatuhkan kunci Valley Windworks. Sebagai ucapan terima kasih, bapak-bapak itu akan memberikan Honey kepada kalian. Beberapa Pokemon hanya muncul di pepohonan tertentu yang disebut Honey Tree dan itulah gunanya Honey.Sebagai contoh di Floaroma Meadow terdapat sebuah pohon di samping rumah.Letakkan Honey di pohon itu, tinggalkan sejenak dan cek kembali pohon itu setelah lebih dari setengah hari, siapa tahu ada Pokemon liar yang datang tertarik oleh aroma madu yang kalian letakkan. Pokemon liar yang bisa ditemukan melalui cara ini adalah Burmy, Cherubi, Aipom, Combee, Heracross, Wurmple, dan Munchlax.
Valley Windworks

Setelah mendapatkan kunci, kembalilah ke Valley Windworks dan masuklah ke dalamnya.Kalahkan Tim Galactic dan commandernya, Mars untuk menyelamatkan pekerja Windworks ayah anak perempuan di rute 205. Setelah mengalahkan Mars, keluar dari Valley Windworks dan Looker akan datang menyelidiki Valley Windworks. Di depan Windworks ini setiap hari Jum’at kalian bisa melihat Drifloon melayang. Berikutnya lanjutkan perjalanan kalian ke utara rute 205.
Eterna Forest

Melangkahlah terus di rute 205 hingga kalian mencapai Eterna Forest. Saat memasuki Eterna Forest kalian akan bertemu seorang wanita bernama Cheryl yang takut berjalan sendiri di Eterna Forest. So, kalian pun berjalan bersama dengan Cheryl memasuki Eterna Forest. Kalian tidak perlu khawatir dengan HP Pokemon kalian karena Cheryl akan mengobatinya setelah pertarungan usai. Eterna Forest adalah sebuah hutan yang luas dimana di dalam hutan ini terdapat Moss Rock, batu misterius berwarna hijau. Apabila kalian melatih meningkatkan level Eevee di sekitar batu ini, maka Eevee akan berevolusi menjadi Leafeon. Selain itu di hutan ini juga terdapat Old Chateau, sebuah rumah kosong misterius dimana kalian bisa mendapatkan Rotom di dalam televisi saat malam hari antara pukul 8 PM s.d 4 AM. Tapi untuk bisa mengakses Old Chateau, Pokemon kalian haruslah sudah bisa menggunakan HM move Cut di luar pertarungan untuk memotong pohon kecil yang menghalangi jalan ke rumah villa itu. Sesaat sebelum keluar dari Eterna Forest, Cheryl akan berpisah dari kalian dan dia akan memberikan Soothe Bellsebagai ucapan terima kasih karena telah menemaninya melewati Eterna Forest.
Kota Eterna

Saat memasuki kota Eterna, kalian akan bertemu dengan rival kalian yang akan memandu kalian melihat patung Pokemon. Kalian akan bertemu kembali dengan Cyrus. Setelah melihat patung, kembalilah ke kota dan seorang wanita bernama Cynthia akan menemuimu. Dia akan memberikan HM1 Cut yang bisa digunakan memotong pohon kecil yang menghalangi jalan. Akan tetapi untuk bisa menggunakannya di luar pertarungan kalian harus mendapatkan lencana kota Eterna terlebih dahulu. So, pergilah ke gedung gym Eterna dimana Gardenia telah menunggu di depan pintu gym.
Gym Leader Kedua: Gardenia

Gardenia akan masuk ke dalam gymnya setelah berbicara denganmu. So, masuklah ke dalam gym dan kalian harus mengalahkan semua trainer yang ada di dalamnya sebelum bisa menantang Gardenia.Gardenia adalah gym leader dengan spesialis Pokemon bertipe Grass.Pokemon tipe Grass lemah terhadap serangan bertipe Fire, Ice, Flying, Bug, dan Poison.Gunakan salah satu serangan bertipe tersebut untuk bisa mengalahkan Gardenia dengan mudah. Setelah terkalahkan, Gardenia akan memberikan lencana kedua dan juga TM Grass Knot. Kalian pun kini bisa menggunakan move Cut di luar pertarungan.
Galactic Eterna Building

Segera setelah mengalahkan Gardenia, pergilah ke Galactic Building yang ada di bagian utara kota. Latihkan Cut pada salah satu Pokemon kalian yang bisa mempelajarinya lalu potong pohon kecil di depan Galactic Building. Masuklah ke dalamnya dan kalian akan bertemu Looker yang sedang menyamar menjadi anggota Tim Galactic. Telusuri gedung ini, kalahkan semua Tim Galactic hingga kalian mencapai lantai atas. Di lantai atas telah menanti salah satu commander Tim Galactic, Jupiter. Kalahkan Jupiter serta selamatkan pemilik toko sepeda.Setelah mengalahkan Jupiter, keluarlah dari Galactic Building dan pergilah ke toko sepeda Rad Rickshaw.Tapi sebelum itu Cynthia akan kembali datang dan memberimu sebutir telur Pokemon. Bawa serta telur Pokemon ini dalam party Pokemon kalian sampai kemudian menetas. Lalu lanjutkan ke toko sepeda, dimana pemilik toko sepeda itu akan memberikanmu sebuah sepeda/bicycle model terbaru sebagai ucapan terima kasih karena telah menyelamatkan Pokemonnya. Kini kalian bisa bergerak lebih cepat dengan menggunakan sepeda.Sepeda ini memiliki batas kecepatan yang bisa kalian naikkan dengan menekan tombol B untuk mengganti gear maksimal 4.
Underground Man

Selain toko sepeda, patung Pokemon dan Galactic Building, di kota Eterna juga terdapat rumah Underground Man. Bicara dengan kakek-kakek Underground Man dan dia akan memberikanmu Explorer Kit. Kini kalian bisa pergi ke underground atau bawah tanah Sinnoh untuk mencari harta karun atau fosil Pokemon dan membuat Secret Base kalian. Gunakan Explorer Kit setiap kalian ingin masuk ke dalam underground Sinnoh. Berhati-hatilah karena ada banyak trap atau jebakan yang menanti kalian disana.
Cycling Road dan Wayward Cave

Setelah selesai dengan kota Eterna, berikutnya pergilah kearah selatan (bawah) kota Eterna menuju ke Cycling Road. Tapi sebelum itu bicaralah terlebih dahulu dengan asisten Profesor Roawan yang juga ayah dari Dawn/Lucas di gerbang masuk cycling road dimana dia akan memberikan Exp-Share pada kalian. Di jalan sepeda ini kalian harus memakai sepeda untuk bisa melewatinya. Ada banyak trainer bersepeda yang akan kalian hadapi disini. Lintasi jalan ini untuk mencapai rute 207.Tapi sebelum kalian melanjutkan ke rute 207, kalian perlu pergi dulu ke Wayward Cave. Keluar dari cycling road belok kiri, gunakan Cut untuk mencapai bagian bawah cycling road. Di bagian bawah cycling road ini terdapat Wayward Cave, sebuah gua yang sayang untuk dilewatkan. Ada dua pintu masuk Wayward Cave, satu pintu yang terlihat dari luar yang membawa pada labirin gua gelap yang kompleks dan satu pintu lagitersembunyi tepat di dinding di bawah jembatan cycling road yang tidak terlihat dari atas. Bila kalian suka tantangan, kalian bisa masuk ke dalam Wayward Cave pintu masuk yang terlihat.Gua ini sangatlah gelap dan berliku, namun kalian bisa meneranginya dengan move Flash yang TM-nya bisa diapatkan di Oreburgh Gate. Di ujung terdalam gua ini ada seorang anak perempuan yang tersesat bernama Mira.Temukan dia dan bawa dia keluar dari gua. Mira akan berjalan bersama kalian keluar dari Wayward Cave dan akan mengobati Pokemon kalian setelah pertarungan selesai. Sementara itu pintu gua yang kedua yaitu pintu tersembunyi yang berada di dinding tepat di bawah jembatan cycling road akan membawa kalian ke bagian bawah gua yang terang. Disinilah satu-satunya tempat dimana kalian bisa menemukan Gible dan juga TM Earthquake yang legendaris.Kalian butuh mengendarai sepeda dengan kecepatan penuh untuk bisa mengakses jalanan di bagian dalam gua ini.


VS Seeker dan Dowsing Machine.

Lanjutkan perjalanan kalian ke rute 207. Saat kalian akan masuk ke dalam gua Mt. Coronet, Dawn/Lucas akan datang dan memberikan VS. Seeker pada kalian. VS. Seeker adalah item yang berguna untuk mencari lawan tanding dalam remath Pokemon battle. Jadi bila kalian ingin melakukan rematch, gunakan alat ini untuk mencari trainer yang ingin bertarung melawan kalian.Selain VS. Seeker, Dawn/Lucas juga akan memberikan aplikasi Dowsing Machine pada Poketch kalian. Dowsing Machine adalah alat yang berguna untuk menemukan item-item tersembunyi yang tidak terlihat. Gunakan alat ini untuk mendeteksi keberadaan item-item tersembunyi di sekitar kalian.
Odd Keystone dan Berry Master’s House

Masuklah ke dalam gua Mt. Coronet dan kalian akan kalian bertemu Cyrus. Setelah mengatakan beberapa hal, dia akan pergi. Berikutnya keluarlah dari gua itu untuk mencapai rute 208. Di rute 208 ada seseorang yang akan memberikan Odd Keystone kepada kalian. Odd Keystone adalah item yang kalian butuhkan untuk bisa mendapatkan Spiritomb, Pokemon kutukan yang tidak memiliki kelemahan.Cara menggunakannya bisa dibaca disini (klik). Selain itu di rute 208 juga terdapat rumah Berry Master. Masuklah ke dalamnya untuk mendapatkan berry gratis, membeli pupuk/mulch, atau mendapatkan informasi tentang tata cara menanam berry yang benar termasuk mendapatkan aplikasi Berry Searcher untuk Poketch.
Kota Hearthome: Poffin

Setelah melewati rute 208 kalian akan mencapai kota Hearthome. Seekor Buneary akan berlari menyambut kalian. Di kota ini kalian bisa mengunjungi Poffin House. Poffin adalah makanan Pokemon yang terbuat dari berry.Di Poffin House kalian bisa memasak Poffin dengan alat yang ada disana.Poffin berguna untuk meningkatkan stat contest apabila diberikan kepada Pokemon. Untuk bisa membuat Poffin kalian harus terlebih dahulu memiliki Poffin Case yang bisa kalian dapatkan dengan berbicara pada manajer Pokemon Fan Club yang ada di kota Hearthome.
Kota Hearthome: Bebe dan Eevee

Di kota Hearthome terdapat rumah Bebe, administrator Pokemon storage computer atau Someone’s PC tempat kalian menyimpan Pokemon yang kalian tangkap. Bicaralah dengan Bebe dan sejak itu nama komputer penyimpan Pokemon akan berubah menjadi Bebe’s PC. Bebe akan memberikan Pokemon bernama Eevee pada kalian, pastikan tersisa satu slot dalam party kalian untuk mendapatkannya. Eevee adalah Pokemon evolusi yang unik karena dapat berevolusi menjadi tujuh Pokemon yang berbeda.Untuk lebih lanjut tentang Pokemon ini bisa kalian baca dalam artikel CasCisCus Eevee, klik disini.


Kota Hearthome: Amity Square dan Contest Hall

Di kota Hearthome terdapat dua tempat menarik yang bisa kalian kunjungi yaitu Amity Square dan Contest Hall. Amity Square adalah semacam taman yang bisa kalian kunjungi di kota ini. Disini kalian bisa berjalan-jalan bersama Pokemon starter kalian dan Pokemon-Pokemon tertentu seperti Pikachu, Psyduck, Pachirisu dan Drifloon.Saat berjalan di dalam Amity Square kalian bisa mendapatkan beragam aksesoris kontes bila kalian beruntung. Sedangkan Contest Hall adalah bangunan besar tempat Pokemon contest diadakan. Contest adalah fitur lain yang bisa kalian mainkan di samping pertarungan Pokemon. Dalam contest kalian akan mendandani Pokemon kalian semenarik mungkin, menampilkan tarian dan juga performa Pokemon terbaik kalian. Saat pertama kali memasukinya kalian akan bertemu dengan ibu kalian yang memberikan tuksedo/dress untuk mengikuti contest. Ada banyak mode dan pilihan contest yang bisa kalian ikuti untuk mendapatkan ribbon.
Gym Leader Ketiga: Fantina

Gym ketiga terdapat di kota Hearthome. Akan tetapi penjaga gym mengatakan bahwa sang gym leader sedang tidak ada di tempat. Pergilah ke Contest Hall dan temui wanita berambut ungu dengan rok lebar dan bicaralah dengannya. Dia adalah Fantina, gym leader kota Hearthome dan segera setelah itu dia akan kembali ke gym menanti tantangan dari kalian. So, kembalilah ke gym untuk melawan Fantina. Terdapat teka-teki di gym Hearthome, kalian harus menemukan keramik berwarna biru dan masuklah pada pintu dengan keramik bercorak sama untuk bisa menemui Fantina. Fantina adalah gym leader spesialis Pokemon tipe Ghost. Pokemon bertipe Ghost lemah terhadap serangan bertipe Ghost dan Dark, jadi gunakan salah satu daru dua jenis serangan itu untuk mengalahkan Fantina dengan mudah. Setelah terkalahkan, Fantina akan memberikan lencana gym ketiga dan juga TM Shadow Claw. Kini kalian bisa menggunakan HM Defog di luar pertarungan.


Lost Tower

Selesai mengalahkan Fantina, lanjutkan perjalanan kalian ke rute 209.Di rute ini kalian bisa mendapatkan Good Rod dari seorang nelayan. Di rute ini terdapat broken stone tower atau menara batu yang rusak. Gunakan Odd Keystone untuk memperbaikinya menjadi Hallowed Tower. Di rute ini sebelum mencapai Solaceon, kalian bisa mengunjungi Lost Tower, menara tempat kuburan Pokemon. Menara ini berkabut tebal dan kalian bisa menghilangkan kabutnya dengan HM move Defog. Di puncak menara ini kalian bisa mendapatkan Cleanse Tag dan Spell Tag.


Kota Solaceon: DayCare

Melintasi rute 209 akan membawa kalian ke Solaceon Town. Ada banyak hal menarik di kota kecil ini, salah satunya Pokemon DayCare. DayCare adalah tempat penitipan Pokemon. Disini kalian bisa menitipkan dua Pokemon kalian untuk meningkatkan level atau melakukan breeding. Selagi Pokemon kalian tinggalkan di DayCare, lanjutkan perjalanan kalian dimana experience Pokemon kalian di DayCare akan bertambah tergantung pada langkah kaki kalian. Semakin banyak kalian melangkah, semakin cepat Pokemon kalian naik level. Kemudian apabila kalian meninggalkan dua Pokemon dengan gender berbeda dan keduanya berada dalam satu grup egg, maka tak lama setelah kalian tinggalkan, kakek-kakek di DayCare akan mengatakan kalau Pokemon kalian bertelur dan akan memberikan telurnya kepada kalian. Sama seperti telur Togepi, bawa telur Pokemon hasil breeding tersebut dalam party kalian hingga menetas. Spesies Pokemon yang menetas dari telur tersebut sama dengan spesies Pokemon betina yang kalian tinggalkan di DayCare. Kalian perlu melakukan breeding untuk mendapatkan Pokemon-Pokemon bayi tertentu seperti Magby atau Elekid. Beberapa Pokemon membutuhkan tambahan hold item untuk menghasilkan spesies baby Pokemon tertentu.Kalian juga bisa mendapatkan aplikasi Poketch DayCare Checker di DayCare untuk melihat bagaimana perkembangan Pokemon yang kalian tinggalkan disana.


Kota Solaceon: Pokemon News Press dan Seal

Di kota Solaceon terdapat rumah tempat Pokemon News Press. Bawakan Pokemon yang diinginkan orang di dalamnya untuk mendapatkan hadiah Heart Scale atau Pokeball.Batas waktunya dalam satu hari tersebut, jadi kalian harus bergerak cepat untuk menunjukkannya. Di sisi lain kota ini terdapat rumah Seal Boy. Bicara dengan ibu sang anak dan dia akan memberikan Seal Case pada kalian termasuk lima seal di dalamnya. Seal adalah stiker yang bisa menimbulkan efek menarik apabila dihiaskan pada Ball Capsule untuk Pokeball. Untuk menggunakannya, pergilah ke Pokemon Center, nyalakan komputer, pilih PC kalian pilih pilihan Ball Capsules dan mulailah menghias Ball Capsule kalian lalu set untuk PokeBall Pokemon kalian. Ragam Seal bisa kalian dapatkan dengan menunjukkan Unown pada anak laki-laki di rumah itu dan juga bisa kalian beli dari lelaki di Sunnyshore Market.
Solaceon Ruins

Di bagian timur (kanan) kota ini terdapat Solaceon Ruins, semacam gua labirin yang cukup membingungkan. Telusuri reruntuhan ini untuk mendapatkan HM Defog, kalian pastilah bisa menemukannya. HM Defog adalah HM move yang apabila digunakan baik di dalam atau di luar pertarungan akan melenyapkan kabut, contohnya seperti kabut yang ada di Lost Tower. Kabut-kabut itu membuat akurasi serangan Pokemon menjadi berkurang, jadi kalian perlu menggunakan Defog untuk melenyapkannya atau untuk melihat lingkungan sekitar yang berkabut menjadi jelas. Selain itu di Solaceon Ruins juga terdapat banyak Unown, Pokemon berbentuk huruf alphabet dari A sampai Z. Apabila kalian telah menangkap ke-26 Unown alphabet tersebut, maka Ruin Maniac Cave di rute 214 akan berubah menjadi Maniac Tunnel yang terhubung dengan lantai dua Solaceon Ruins, dimana kalian bisa menangkap dua bentuk terakhir Unown yaitu bentuk tanda tanya dan tanda seru.


Café Cabin

Setelah selesai dengan Solaceon, lanjutkan perjalanan kalian ke kota Veilstone dengan melewati rute 210. Di rute 210 terdapat Café Kabin, sebuah kafe kecil dimana kalian bisa membeli Moomoo Milk. Pastikan kalian membeli satu lusin Moomoo Milk karena itu akan berguna untuk mengembalikan HP Pokemon kalian. Di dekat Café Cabin terdapat jalan menuju kota Celsetic, namun sekelompok Psyduck tampak menghalangi jalan, mereka sepertinya sakit kepala. Kalian tidak punya jalan lain kecuali melanjutkan perjalanan ke rute 215 dengan hujan deras mengguyur disana menuju kota Veilstone.


Kota Veilstone: Dept. Store dan Game Corner

Kota Veilstone adalah kota yang besar. Disini terdapat banyak tempat menarik seperti Veilstone Dept. Store dan Game Corner. Di Veilstone Dept. Store kalian bisa membeli item-item yang berguna dalam petualangan kalian mulai dari medicine hingga TM. Selain itu pada lantai bawahnya kalian bisa membeli berry atau poffin. Sedangkan di Game Corner kalian bisa memainkan permainan yang menyenangkan dan kalian bisa mendapatkan hadiah besar! Akan tetapi untuk bisa bermain di Game Corner, kalian harus terlebih dulu memiliki Coin Case.Bicara dengan Badut yang ada di rumah di samping Game Corner, tebak koinnya dan dapatkan Coin Case.Sekarang kalian bisa bermain di Game Corner dimana ternyata Looker juga bermain disana.
Kota Veilstone: Massage dan Porygon

Ada sebuah rumah di kota Veilstone dimana lelaki di dalamnya akan memberikan Porygon padamu. Pastikan ada tempat kosong dalam party kamu saat berbicara dengan lelaki itu. Di Veilstone juga terdapat sbuah rumah dimana kalian bisa memberikan massage pada Pokemon kalian. Massage dapat meningkat happiness Pokemon kalian, jadi apabila kalian sedang melatih Pokemon berdasarkan happiness, pastikan kalian tidak lupa memberikan massage pada Pokemon kalian.
Gym Leader Keempat: Maylene

Gym Pokemon keempat terdapat di kota Veilstone. Untuk bisa mencapai gym leadernya, kalian harus terlebih dahulu menjatuhkan tumpukan ban dengan menghantamkan samsak.Maylene adalah gym leader spesialis Pokemon bertipe Fighting. Pokemon tipe Fighting lemah terhadap serangan bertipe Flying dan Psychic, jadi gunakan salah satu dari dua jenis serangan itu untuk bisa mengalahkan Maylene dengan mudah. Setelah terkalahkan, Maylene akan memberikan lencana keempat dan juga TM Drain Punch. Dengan lencana keempat kalian dapatkan, kini kalian bisa menggunakan HM Fly di luar pertarungan.


Menolong Dawn/Lucas

Setelah mengalahkan Maylene, keluarlah dari gym dan Dawn/Lucas akan datang mengatakan bahwa PokeDexnya diambil oleh Team Galactic. Maka pergilah ke Galactic Warehouse di bagian utara kota dimana disana telah menunggu Dawn/Lucas di depan dua Team Galactic. Kalahkan Team Galactic dan berikutnya Looker akan datang mengajakmu masuk ke dalam Warehouse. Sayangnya pintu di dalam Warehouse dikunci dan butuh special key untuk membukanya meski begitu Looker memberitahukan HM2 Fly pada kalian yang ada di dalam Warehouse itu. HM Fly adalah move yang bisa digunakan di luar pertarungan untuk terbang cepat menuju ke kota-kota yang pernah kalian datangi sebelumnya. Ambil HM Fly di Warehouse dan latihkan move Fly pada salah satu Pokemon kalian yang bisa mempelajarinya.


Maniac Tunnel

Lanjutkan perjalanan kalian menuju kota Pastoria. Terlebih dahulu kalian harus melintasi rute 214. Di rute 214 terdapat Ruin Maniac Cave dimana di dalamnya terdapat TM Dig yang bisa kalian gunakan di luar pertarungan untuk keluar dari dalam gua seperti Escape Rope. Ruin Maniac Cave ini akan bertambah dalam dan berubah menjadi Maniac Tunnel apabila kalian telah mengumpulkan 26 bentuk alphabet Unown di Solaceon Ruins. Maniac Tunnel akan terhubung dengan bagian lain Solaceon Ruins dimana kalian bisa mendapatkan bentuk terakhir Unown yaitu tanda tanya dan tanda seru.


Grand Lake

Menelusuri terus rute 214 ke selatan (bawah) akan membawa kalian ke Lake Valor, akan tetapi ada dua lameramen yang menghalangi jalan kalian disana. Jadi lanjutkan langkah kalian hingga mencapai Valor Lakefront dan rute 213, dimana disana terdapat spot wisata seperti Seven Stars Restaurant dan Grand Lake Hotel. Arah timur (kanan) menuju ke kota Sunnyshore namun seorang gendut disana menghalangi jalan kalian dan mengatakan sedang terjadi blackout di Sunnyshore. Lanjutkan perjalanan kalian ke Pastoria melalui pantai rute 213.


Kota Pastoria: Great Marsh

Great Marsh adalah rawa-rawa dimana kalian bisa menemukan banyak Pokemon yang tidak bisa ditemukan di tempat lain di Sinnoh. Ikuti Safari Game Pastoria untuk bisa masuk ke dalamnya seharga 500.Di dalam Great Marsh kalian tidak diperbolehkan membawa Pokemon kalian, sebagai gantinya kalian hanya diberikan 30 Safari Ball dalam langkah kaki terbatas.Tersedia kereta trem di dalamnya untuk menuju area-area Great Marsh. Untuk menangkap Pokemon liar di dalam Great Marsh, kalian memiliki pilihan langsung melempar Safari Ball, melempar Bait untuk member mereka makan, atau melempar lumpur untuk membuat mereka marah sehingga mereka mendekati kalian. Bila kalian beruntung kalian akan bisa mendapatkan Pokemon tersebut. Tangkap lima Pokemon Great Marsh dalam sekali kunjungan dan gadis petani di gerbang Great Marsh akan memberi kalian aplikasi Poketch. Bila kalian ingin melihat lokasi Pokemon-Pokemon di Great Marsh, kalian bisa naik ke lantai atas gerbang dan menggunakan teropong binocular untuk melihatnya.


Move Tutor dan Scarf Guy

Di kota Pastoria terdapat dua rumah menarik yang bisa kalian kunjungi. Yang pertama adalah rumah Scarf Guy, yang bisa menunjukkan tingkat happiness Pokemon kalian dan memberikan scarf tergantung kondisi Pokemon kalian. Kalian bisa memberikan Poffin pada Pokemon kalian untuk menaikkan kondisinya agar Scarf Guy memberikan Scar kepada kalian.Rumah kedua yaitu Move Tutor. Dia akan mengajarkan kembali move-move yang pernah dipelajari Pokemon dan sudah dilupakan. Akan tetapi dia mengajarkannya tidak gratis, kalian harus memberikan Heart Scale padanya agar dia mau mengajarkan move pada Pokemon kalian.
Gym Leader Kelima: Wake

Gym kelima terdapat di kota Pastoria dengan leadernya si pegulat yang suka bernyanyi, Crasher Wake. Tapi saat akan masuk ke dalam gym, rival kalian akan datang dan menantang kalian bertarung. Kalahkan dia dan masuklah ke dalam gym.Untuk bisa mencapai lokasi Wake di gymnya, kalian harus terlebih dahulu menik dan menurunkan tekanan air dengan menekan tombol yang ada.Teka-teki gym ini mungkin terlihat membingungkan, tapi kalian pasti bisa menyelesaikannya bila memerhatikan dengan baik. Wake adalah gym leader spesialis Pokemon bertipe Water. Tipe Water lemah terhadap serangan bertipe Electric dan Grass, jadi gunakan salah satu dari dua jenis serangan tersebut untuk bisa mengalahkannya dengan mudah. Setelah terkalahkan, Wake akan memberikan lencana kelima dan TM Brine pada kalian. Dengan lencana kelima, kini kalian bisa menggunakan HM Surf di luar pertarungan.
Mengejar Team Galactic

Setelah mengalahkan Wake, keluarlah dari gym dan rival kalian akan datang memberitahukan bahwa Team Galactic merencanakan sesuatu di Great Marsh. Wake juga akan keluar dan bersama rival dia pergi menuju Great Marsh. Ikuti mereka, bicara dengan Wake di depan gerbang Great Marsh dan akan terjadi ledakan. Team Galactic akan keluar dari Great Marsh dan kebur begitu saja. Sementara Wake masuk ke Great Marsh untuk menyelidiki yang terjadi dan Barry berjaga di depan Great Marsh, kejarlah Team Galactic hingga kalian akhirnya bertarung dengannya di Valor Lakefront.Setelah mengalahkan Team Galactic, Cynthia akan datang dan mengatakan sesuatu tentang Psyduck yang menghalangi jalan di rute 210. Dia akan memberikan SecretPotion padamu untuk diberikan pada Psyduck yang sedang sakit kepala.


Pokemon Mansion

Ke barat kota Pastoria setelah melewati rute 212 yang luas dan hujan deras, kalian akan tiba di sebuah rumah besar yang disebut Pokemon Mansion.Masuklah ke dalamnya, bicara dengan Mr. Backlot di ruangannya dan baca buku yang ada di meja ruangan itu untuk mencatat data Manaphy.Di bagian kiri dalam rumah ini terdapat para pelayan yang siap bertarung melawan kalian. Pastikan kalian memenangkan semua pertarungan dengan pelayan ini dengan turn yang disyaratkan untuk bisa melawan master dari para pelayan ini. Sang master akan mengeluarkan Blissey yang membawa Rare Candy, gunakan move thief untuk mencurinya saat bertarung melawan sang master. Di belakang Pokemon Mansion terdapat Trophy Garden, dimana kalian bisa menangkap Pokemon-Pokemon langka seperti Pichu.
Rute Berkabut Menuju Celestic

Kalian ingat dengan Psyduck yang menghalangi jalan kalian di rute 210 di dekat Café Cabin?Sekarang kembalilah kesana, bicara dengan Psyduck-Psyduck itu sehingga otomatis kalian memberikan SecretPotion pada mereka. Sakit kepala Psyduck pun sembuh dan mereka berjalan pergi dari sana. Cynthia lalu datang dan memberikan Old Charm kepada kalian untuk diberikan pada neneknya di kota Celestic. Berikutnya telusuri rute 210 untuk menuju ke kota Celestic. Sebagian rute 210 tertutupi kabut yang bisa kalian hilangkan dengan HM Defog. Ingat bahwa kabut berpengaruh di dalam pertarungan dimana akurasi serangan Pokemon kalian akan menurun drastis saat bertarung dalam keadaan berkabut.


Kota Celestic

Melewati rute 210 membawa kalian ke kota Celestic. Di kota ini tidak terdapat PokeMart, tapi kalian bisa membeli item-item PokeMart di rumah yang ada di sudut kiri atas kota ini. Ada seorang Team Galactic yang menutupi jalan masuk ruin di tengah kota. Dia bicara tentang meledakkan bom di kota, jadi lawan dia dan kalahkan hingga dia pergi dari sana. Setelah Team Galactic pergi, seorang nenek akan datang dan bicara dengan kalian. Ternyata nenek itu adalah nenek Cynthia. Berikan Old Charm titipan Cynthia dan nenek itu akan mengajakmu masuk ke dalam ruin. Saat sedang berbicara mengenai symbol segitiga di dinding ruin, Cyrus datang mengganggu, menghina dunia yang katanya tidak sempurna. Dia akan menantangmu bertarung jadi lawan dia dan menangkan. Setelah terkalahkan, Cyrus akan pergi dan nenek Cynthia memberikanmu HM Surf sebagai ucapan terima kasih. HM Surf adalah HM move yang digunakan untuk menyeberangi wilayah perairan seperti sungai, danau, atau laut. Ajarkan move ini pada Pokemon tipe kalian yang bisa mempelajarinya terutama Pokemon Water karena move ini penting untuk melanjutkan perjalanan.


Fuego Ironworks dan Sisi Lain Floaroma

Setelah mendapatkan HM Surf, kini kalian bisa mengakses sisi lain kota Floaroma dan juga Fuego Ironworks dari rute 205. Gunakan Surf di sungai kecil yang ada di rute 205 dan telurusi jalannya hingga kalian menemukan dua jalan, bagian utara ke Fuego Ironworks (atas) sementara bagian selatan (bawah) menuju bagian lain Floaroma Meadow. Di Fuego Ironworks, kalian bisa mendapatkan item-item menarik seperti Fire Stone macam-macam shard, dan TM Flamethrower. Pemilik ironworks ini, Mr. Fuego akan memberikan Star Piece padamu. Dia juga melayani penukaran Star Piece, sebagai gantinya dia akan memberikanmu beragam Shards. Bila kalian memiliki Star Piece, pastikan untuk menukarkannya dengan Shards karena Shards bisa diberikan pada move tutor di rute 212 sebagai imbalan mengajarkan move pada Pokemon. Sementara di sisi lain Floaroma Meadow, kalian bisa mendapatkan item-item dan juga honey tapi beberapa item disini dideteksi menggunakan Dowsing Machine.


Kota Canalave

Tujuan sekaligus gym berikutnya adalah kota Canalave. Untuk mengaksesnya, kembalilah ke kota Jubilife, bisa menggunakan HM Fly. Melangkah ke rute 218 di barat (kiri) kota. Gunakan Surf dan telusuri terus hingga mencapai daratan, kota Canalave. Di gerbang masuknya kalian akan bertemu kembali dengan ayah Dawn/Lucas yang melakukan upgrade PokeDex kalian sehingga kalian bisa melihat perbedaan gender di PokeDex. Di kota Canalave terdapat rumah Move Deleter, dimana kalian bisa menghapus move-move Pokemon terutama HM move yang hanya bisa dihapus disini. Disini juga terdapat sebuah perpustakaan yang bisa kalian kunjungi dan membaca buku-buku kisah legenda Sinnoh. Rival kalian akan kembali menantang kalian bertarung ketika kalian melewati jembatan menuju bagian lain Canalave. Kalahkan dia dan berikutnya terserah kalian, apakah mau melawan gym leader terlebih dahulu atau pergi ke Iron Island untuk melatih Pokemon kalian.
Iron Island

Di kota Canalave terdapat dermaga dimana kalian bisa menumpang kapal untuk menuju ke Iron Island. Sebelum menantang Gym Leader Canalave, ada baiknya kalian mengunjungi pulau ini terlebih dahulu.Naik ke kapal dan berangkatlah ke Iron Island untuk melatih Pokemon kalian dan mendapatkan HM Strength. Di Iron Island kalian akan bertemu dengan Riley, lelaki berpakaian biru yang akan memberikan HM Strength pada kalian. HM Strength adalah HM move bisa digunakan untuk mendorong batu besar. Untuk menggunakannya di luar pertarungan, kalian harus terlebih dahulu mendapatkan lencana keenam.Masuklah ke dalam gua Iron Island dan di lantai bawah yang kedua kalian akan bertemu kembali dengan Riley, kali ini mengajak kalian menjelajahi gua bersama-sama karena merasakan hal yang aneh di gua itu. Selama perjalanan kalian di gua, Riley akan mengobati Pokemon kalian setelah bertarung. Telusuri gua Iron Island bersama Riley hingga kalian bertemu Team Galactic. Kalahkan mereka dan Riley akan memberikan telur Pokemon kepada kalian lalu berpisah. Telur itu nantinya akan menetas menjadi Riolu. Riolu dapat berubah menjadi Lucario apabila happinessnya mencapai maksimal.
Gym Leader Keenam: Byron

Gym keenam terdapat di kota Canalave dengan gym leadernya, Byron. Gym ini terdiri dari banyak lift naik turun dan menyamping yang harus kalian lewati sebelum akhirnya mencapai lokasi Byron. Byron adalah gym leader spesialis Pokemon tipe Steel.Tipe Steel lemah terhadap serangan bertipe Fire, Ground, dan Fighting, jadi gunakan salah satu tipe serangan tersebut untuk bisa mengalahkannya dengan mudah. Setelah terkalahkan, Byron akan memberikan lencana keenam kepada kalian dan juga TM Flash Cannon. Dengan lencana keenam, kini kalian bisa menggunakan HM Strength di luar pertarungan untuk mendorong batu besar yang menghalangi jalan.


Ledakan Besar

Setelah mengalahkan Byron, rival kalian akan datang dan mengajak kalian ke perpustakaan. Bila kalian belum mendapatkan HM Strength, dia akan menyuruh kalian mendapatkannya terlebih dahulu di Iron Island. Setelah itu Rival kalian akan masuk ke dalam perpustkaan, ikuti dia naik ke lantai ketiga. Di lantai ketiga telah menunggu Profesor Rowan dan Dawn/Lucas.Profesor Rowan meminta kalian bertiga menyelidiki Pokemon legenda di tiga danau yang berbeda.Saat sedang berbibaca itulah terdengar suara ledakan yang keras disertai gempa bumi.Berita di televisi menyatakan bahwa telah terjadi ledakan di Lake Valor.Keluarlah dari perpustakaan bersama Profesor, rival, dan Dawn/Lucas untuk mengetahui keadaan sekitar. Kalian kemudian akan berpencar seperti yang direncanakan, rival ke Lake Acquity, Dawn/Lucas dan Profesor Rowan ke Lake Verity, sedangkan kalian sendiri pergilah ke Lake Valor.
Lake Valor

Pergilah ke Lake Valor dengan cara menggunakan HM Fly ke Pastoria atau Veilstone, lalu bergeraklah ke Valor Lakefront. Kameramen yang sebelumnya menghalangi jalan ke Lake Valor kini sudah tidak ada disana, jadi bergegaslah ke Lake Valor.Yang terjadi disana begitu menyedihkan dengan wilayah danau yang sudah diledakkan dan banyak Magikarp terkapar tak berdaya.Kalahkan semua Tim Galactic yang ada disana lalu masuklah ke dalam gua di tengah danau.Di dalamnya telah menunggu commander Team Galactic, Saturn. Kalahkan dia. Setelah terkalahkan, Saturn akan mengatakan bahwa kalian terlambat karena Pokemon danau legendaries sudah dibawa ke markas Tim Galactic. Dia juga mengatakan bahwa Mars berada di Lake Verity sekarang untuk menangkap Pokemon danau legendaries lainnya.


Lake Verity

Setelah berurusan dengan Tim Galactic di Lake Valor, segeralah pergi ke Lake Verity. Kalian bisa menggunakan fly ke Twinleaf untuk cepat sampai disana. Di Lake Verity kalian akan melihat Profesor Rowan dan Dawn/Lucas sedang dikeroyok oleh Tim Galactic. Selamatkan mereka dengan mengalahkan semua Tim Galactic disana. Commander Tim Galactic, Mars berhasil mengalahkan Dawn/Lucas sehingga kalian perlu mengalahkannya untuk membalas kekalahan Dawn/Lucas. Meski begitu kalian ternyata juga terlambat disini karena Mars mengatakan bahwa Pokemon danau legendaries di Lake Verity sudah dibawa ke Markas Tim Galactic. Profesor Rowan kemudian mengatakan kekhawatirannya pada rival kalian di Lake Acuity. Jadi sekarang pergilah ke Lake Acuity.


Rute Bersalju

Untuk bisa mencapai Lake Acuity, kalian harus melewati perjalanan panjang. Pertama terbanglah ke kota Celestic lalu melangkahlah ke barat (kiri) ke rute 211 atau terbanglah ke kota Eterna lalu melangkahlah ke timur (kanan) ke rute 211. Masuklah ke dalam gua Mt.Coronet, gunakan HM Strength untuk mengakses bagian yang terhalang di Mt. Coronet.Telusuri gua itu hingga kalian keluar dari dalamnya mencapai rute 216, rute bersalju. Di sepanjang rute ini terjadi hujan salju atau hail, yang berefek di dalam pertarungan Pokemon mengurangi HP Pokemon di setiap turn kecuali Pokemon bertipe Ice. Di rute 216 tepatnya di wilayah dengan badai salju ganas, kalian bisa menemukan HM Rock Climb di belakang salah satu rumah yang ada disana. HM Rock Climb adalah HM move yang bisa digunakan di luar pertarungan untuk memanjat dinding berbatu. Di sisi lain arena badai salju lebat itu terdapat sebuah batu biru yang disebut Icy Rock. Apabila kalian meningkatkan level Eevee di sekitar batu itu, Eevee akan berevolusi menjadi Glaceon.


Kota Snowpoint

Keluar dari rute 216 di rute 217, kalian akan bertemu rival kalian atas bukit. Dia mengatakan kalian bisa naik ke atas dengan move Rock Climb, tapi kalian belum bisa menggunakannya di luar pertarungan bila belum mendapatkan badge Snowpoint. So, teruskan perjalanan kalian memasuki kota Snowpoint, sebuah kota bersalju. Sama seperti di rute 212, di kota Snowpoint terdapat move tutor yang akan mengajarkan move pada Pokemon kalian dengan syarat memberikan shard. Di kota ini terdapat Snowpoint Temple berisi Regigigas serta ada pula pelabuhan yang akan membawa kalian ke Battle Frontier. Akan tetapi keduanya baru bisa diakses setelah kalian mendapatkan National PokeDex.
Gym Leader Ketujuh: Candice

Gedung gym ketujuh terdapat di kota ini dengan gym leadernya yaitu Candice. Interior gedung ini adalah lantai es yang licin dan bola- bola es padat. Untuk bisa mencapai tempat Candice, kalian harus menghancurkan bola-bola es padat itu terlebih dahulu dengan cara meluncur dari sisi atas ke sisi bawah. Candice adalah gym leader spesialis Pokemon tipe Ice. Pokemon tipe Ice lemah terhadap serangan bertipe Fire dan Fighting, jadi gunakan salah satu dari dua tipe serangan itu untuk mengalahkannya dengan mudah. Setelah terkalahkan, Candice akan memberikan lencana ketujuh dan juga TM Avalanche. Dengan lencana ketujuh, kini kalian bisa menggunakan Rock Climb di luar pertarungan untuk memanjat dinding berbatu.


Lake Acuity

Setelah selesai dengan kota Snowpoint, pergilah ke tempat dimana kalian bertemu dengan rival di rute 217. Gunakan Rock Climb untuk memanjat ke atas dan pergilah ke Lake Acuity. Di Lake Acuity kalian akan mengetahui bahwa rival kalian telah dikalahkan oleh Jupiter. Jupiter mengatakan bahwa Pokemon danau legendaris di Lake Acuity telah dipindahkan dan setelah mengatakan itu dia akan pergi. Bicaralah dengan rival kalian hingga rival kalian pergi meninggalkan Lake Acuity. Kalian juga segera meninggalkan Lake Acuity, tapi ada baiknya kalian menjelajahi danau ini terlebih dahulu untuk mendapatkan item. Kalian juga bisa mendapatkan Bibarel level tinggi disini bila kalian hendak menjadikannya HM Slave.


Galactic Warehouse

Jupiter mengatakan bahwa Pokemon danau legendaris semuanya sudah dibawa ke markas Team Galactic. So, pergilah kembali ke kota Veilstone menuju ke Galactic Veilstone Building. Di depan Galactic Veilstone Building kalian bertemu dengan Team Galactic yang kemudian pergi dari sana. Lalu datang Looker, mengatakan bahwa dia sudah mendapatkan Storage Key, kunci untuk masuk ke Galactic Warehouse. Masuklah ke dalam Galactic Warehouse dan Looker akan datang menyusulmu, membukakan pintu di dalam Galactic Warehouse. Jelajahi Galactic Warehouse, kalahkan semua Team Galactic disana dan temukan Galactic Key. Setelah menemukan Galactic Key, keluarlah dari Warehouse dan masuklah ke Galactic Veilstone Building.


Galactic Veilstone Building

Buka pintu besi di dalamGalactic Veilstone Building dengan Galactic Key. Masuklah ke dalamnya, telusuri, kalahkan semua Team Galactic yang ada disana hingga kalian tiba di ruangan aula dimana Cyrus, pemimpin Team Galactic tengah berpidato pada anggota-anggota Team Galactic yang berbaris disana. Bersama Looker, kalian akan menyaksikan pidato Cyrus tersebut hingga acara itu selesai. Setelah pidato selesai, telusuri kembali Galactic Veilstone Building, kalahkan Team Galactic yang ada, gunakan warp panel hingga kalian tiba di nap room. Tidurlah di kasur yang ada di nap room untuk mengembalikan HP Pokemon kalian karena setelah itu kalian akan bertarung dengan bos Team Galactic, Cyrus.


Menyelamatkan Pokemon Danau Legendaris

Naiklah ke atas dimana Cyrus telah menanti disana.Sebagai bos dari Team Galactic, Cyrus tentu sulit ditaklukkan, tapi trainer hebat seperti kalian pastilah bisa mengalahkannya dengan mudah. Setelah terkalahkan Cyrus akan memberikan Master Ball sebagai hadiah untuk kalian. Master Ball adalah jenis PokeBall paling canggih yang langsung bisa menangkap Pokemon apapun tanpa gagal.Hanya ada satu Master Ball, jadi gunakanlah bola ini dengan bijak.Cyrus kemudian mengatakan bahwa dengan memanfaatkan kekuatan Pokemon danau legendaris dia berhasil menciptakan Red Chain.Dia mengatakan sesuatu tentang Mt. Coronet dan pergi meninggalkan kalian.Setelah dia pergi, melangkahlah ke ruangan sebelah, gunakan warp untuk tiba di ruangan dimana Pokemon danau legendaris dikurung.Kalahkan Saturn dan bebaskan Pokemon danau legendaris dengan menekan tombol komputer.
Mt. Coronet

Cyrus mengatakan akan melakukan sesuatu di Mt. Coronet yang merupakan tujuan terakhir Team Galactic. Jadi kalian tidak bisa diam saja, kalian harus segera mengejar Team Galactic di Mt. Coronet.Pergilah ke Mt. Coronet lewat gua di bagian tengah Mt. Coronet yang berada di dekat Oreburgh City. Sebelum pergi, pastikan dalam party kalian ada Pokemon yang mempelajari Surf, Rock Climb, Strength, dan Rock Smash. Mt. Coronet terdiri dari dua sisi yaitu sisi bagian dalam dan bagian luar.Di bagian luar gunung ini terjadi hujan salju, sehingga kalian butuh memperhatikan dinding-dindingnya dengan seksama untuk bisa melihat bebatuan untuk dipanjat dengan Rock Climb. Di Mt. Coronet terdapat banyak item tak terlihat sehingga kalian perlu mengaktifkan Dowsing Machine kalian untuk menemukan item-item yang tentunya berguna di sepanjang perjalanan kalian.Dan juga pastikan kalian telah membeli beberapa Ultra Ball karena nantinya kalian membutuhkan banyak bola untuk menangkap Giratina bila kalian ingin menangkapnya.


Spear Pillar

Di dalam Mt. Coronet kalian akan berjumpa dengan banyak Team Galactic. Kalahkan mereka semua agar kalian bisa melanjutkan perjalanan kalian menuju puncak Mt. Coronet, Spear Pillar. Kalian akan sempat bertemu Looker di Mt. Coronet yang menyuruh kalian terus masuk ke Mt. Coronet. Perjalanan di dalam Mt. Coronet cukup panjang dan melelahkan, tapi itu pasti bukan masalah untuk trainer hebat seperti kalian. Setelah keluar masuk gua Mt. Coronet, dari bagian dalam dan juga bagian luar gunung, kalian akan mencapai puncaknya yang disebut Spear Pillar. Cyrus tampak berdiri di tengah-tengah altar, tapi dua commander Team Galactic yaitu Mars dan Jupiter menghalangi kalian mendekatinya dan memaksa kalian bertarung. Saat itulah rival kalian datang untuk membantu kalian dalam pertarungan ganda melawan Jupiter dan Mars. Kalahkan Jupiter dan Mars agar kalian bisa menghentikan ambisi Cyrus.
Kemunculan Giratina

Kalian hendak menghentikan Cyrus tapi terlambat, dia telah menggunakan Red Chain untuk memanggil Dialga, Pokemon waktu dan Palkia, Pokemon ruang. Dialga dan Palkia muncul secara cinematic, membuat Cyrus merasa senang karena keinginannya untuk menciptakan dunia baru yang sempurna akan segera tercapai. Akan tetapi tiba-tiba muncul sebuah bayangan hitam dan Pokemon misterius muncul.Pokemon itu menciptakan lubang hitam dan membawa Cyrus masuk ke dalamnya.Saat itulah Cynthia muncul dan mengatakan bahwa Pokemon bayangan adalah Pokemon ketiga di antara Dialga dan Palkia. Nama Pokemon itu adalah Giratina yang terlupakan karena tinggal di dimensi lain yang disebut Distortion World. Giratina muncul karena merasa terganggu akibat ketidakseimbangan yang disebabkan oleh kemunculan Dialga dan Palkia.Cynthia mengatakan bahwa dunia kalian terancam akibat kemunculan Giratina sehingga kalian perlu untuk menghentikan Giratina. Cynthia akan menanyakan kesiapan kalian untuk memasuki Distortion World demi menghentikan Giratina. Bila kalian siap, segeralah masuk ke dalam lubang hitam yang ada di altar untuk pergi ke Distortion World.


Distortion World

Distortion World adalah sebuah dunia atau dimensi dimana segalanya tidak beraturan, waktu tidak bergerak dan ruang tidak stabil.Tidak ada makhluk atau Pokemon yang tinggal di dalamnya kecuali Giratina.Bersama Cynthia kalian akan menjelajahi dunia ini dimana akhirnya kalian berpencar. Telusuri terus Distortion World dan kagumi keajaiban dunia terbalik ini. Uxie, Azelf, dan Mesprit, tiga Pokemon danau legendaris akan datang menunjukkan arah pada kalian. Saat bertemu kembali dengan Cynthia, dia akan mengatakan bahwa Pokemon-Pokemon danau itu datang memberikan petunjuk untuk meneruskan perjalanan di Distortion World. Dia benar, yang perlu kalian lakukan adalah menemukan tiga batu yang bisa didorong dengan Strength dan menjatuhkannya ke dalam lubang di dekatnya, ke tempat yang sejajar dengan lokasi Cynthia. Lalu secara otomatis kalian akan kembali ke lokasi yang sejajar dengan tempat Cynthia dimana di tiga tempat yang berbeda terdapat Pokemon danau legendaris tengah melayang. Jatuhkan batu-batu tersebut ke lubang yang berada tepat di depan masing-masing Pokemon danau itu lalu bicaralah dengan Cynthia. Sebuah jalan akan terbuka dan lanjutkan perjalanan kalian. Pada akhirnya kalian akan bertemu kembali dengan Cyrus yang menantang kalian dalam pertarungan terakhir. Cyrus lebih tangguh kali ini sehingga kalian butuh strategi yang tepat untuk bisa mengalahkannya.
Legendary Quest: Giratina

Setelah terkalahkan, Cyrus akan mengoceh bahwa dunia akan hancur apabila kalian menangkap atau mengalahkan Giratina dan kemudian pergi begitu saja dengan kekecewaan karena rencananya digagalkan oleh Giratina. Setelah mendengar ucapan Cyrus, kalian jadi ragu untuk menangkap atau mengalahkan Giratina, tapi Cynthia kemudian meyakinkan kalian dengan mengatakan yang disebutkan Cyrus adalah bohong.Jadi percayalah pada Cynthia karena dia orang baik dan juga dia wanita (?).Jadi melangkahlah terus hingga Giratina muncul.Tangkap atau kalahkan dia untuk membuka portal ke dunia nyata. Cyrus akan datang setelah kalian menangkap atau mengalahkan Giratina, tak percaya bahwa Pokemon itu bisa kalian tangkap. Setelah berdebat dengan Cynthia, dia lalu pergi begitu saja.Berikutnya Cynthia mengajak kalian kembali ke dunia nyata melalui lubang putih yang ada disana. Saat memasuki lubang itu kalian akantiba di Sendoff Spring – Spring Path yang terhubung dengan rute 214. Cynthia menyuruhmu menemui Profesor Rowan di kota Sandgem, so pergilah kesana karena Profesor pastilah sangat khawatir.


Kembali ke Sandgem

Kembalilah ke kota Sandgem dengan Fly, masuk ke laboratorium Profesor Rowan dan beliau akan melakukan cek pada PokeDex kalian. Menyadari kalian telah mendapatkan tujuh lencana, beliau lalu akan menyuruh kalian untuk menantang gym terakhir di kota Sunnyshore. Tapi sebelum kalian kesana, ada baiknya kalian pergi dulu ke Pal Park melalui pantai di selatan Sandgem.Gunakan HM Surf dan telusuri lautnya, lawan trainer yang ada hingga kalian mencapai Pal Park.Pal Park adalah tempat dimana kalian bisa mengirimkan Pokemon-Pokemon dari versi FireRed/LeafGreen dan Ruby/Sapphire/Emerald.Akan tetapi tempat ini baru bisa diakses setelah kalian mendapatkan National Dex, jadi kembalilah kesini setelah kalian mendapatkan National Dex.
Legendary Quest: Uxie, Azelf, dan Mesprit

Setelah terbebas dari kurungan di Galactic Veilstone Building serta membantu kalian di Distortion World, ketiga Pokemon danau legendaris yaitu Uxie, Azelf, dan Mesprit akan kembali ke tempat asal mereka di dalam gua yang ada di tengah danau tempat tinggal mereka. Uxie berada di Lake Acuity, Azelf di Lake Valor, dan Mesprit di Lake Verity.Ketiganya bertipe Psychic dengan ability Levitate dan level 50. Datangilah gua-gua itu untuk menangkap ketiga Pokemon danau legendaris tersebut. Pengecualian untuk Mesprit, dimana saat kalian menemuinya di gua Lake Verity, Pokemon itu akan pergi dan memulai roaming menjelajah Sinnoh. Gunakan aplikasi Poketch Marking Map untuk melacak jejaknya.Aplikasi Marking Map bisa didapatkan di Poketch Company di Jubilife.Saat mengetahui lokasi Mesprit, kejarlah dengan berjalan kaki atau sepeda, jangan dengan Fly. Saat tiba di lokasi, masuklah ke rumput liar atau permukaan air yang ada disana untuk counter Mesprit. Tapi saat bertemu Mesprit, di turn pertama dia akan langsung kabur sehingga kalian akan sulit untuk bisa mendapatkannya. Untuk mencegahnya kabur dari arena pertarungan, gunakan move Mean Look atau Block, lalu lemahkan hingga bisa kalian dapatkan.


Kota Sunnyshore

Lanjutkan perjalanan kalian ke kota Sunnyshore dari Grand Lake Valor Lakefront. Kini lelaki gendut yang menghalangi jalan kalian sebelumnya sudah tidak ada sehingga kalian bisa pergi melanjutkan perjalanan ke rute 222. Telusuri rute 222 hingga kalian mencapai kota Sunnyshore, kota dengan panel surya. Tapi sebelum itu kalian akan bertemu dengan Flint yang memintamu bertarung melawan gym leader Sunnyshore untuk mengembalikan kembali semangat gym leader itu. Masuki kota Sunnyshore dimana terdapat Sunnyshore Market yang menjual berbagai jenis Seal untuk Ball Capsule. Terdapat pula wanita yang akan memberikan effort Ribbon di market ini. Di bagian lain kota ini kalian juga bisa mendapatkan Ribbon dari Julia dan mendapatkan aplikasi Poketch.
Gym Leader Terakhir: Volkner

Gym kedelapan sekaligus terakhir terdapat di kota ini yang harus kalian kalahkan untuk melengkapi lencana kalian. Akan tetapi Flint berdiri menghalangi di depan pintu gym, mengatakan bahwa gym leader Sunnyshore berada di Lighthouse. Pergi dan masuklah ke Lighthouse dan bicara dengan lelaki di depan binocular. Dia adalah Volkner, gym leader Sunnyshore yang setelah itu akan pergi kembali ke gymnya, menunggu tantangan kalian disana. Langsung saja pergi ke gym Sunnyshore dan Flint akan mempersilakanmu masuk ke dalamnya seraya pergi meninggalkan Sunnyshore. Bagian dalam gym Sunnyshore adalah kumpulan gear raksasa yang menggerakkan jembatan di atasnya. Kalian perlu menekan tombol-tombol yang ada disana untuk mengatur gerakan jembatan hingga kalian mencapai lokasi Volkner.Volkner adalah gym leader spesialis Pokemon bertipe Electric. Pokemon tipe Electric lemah terhadap serangan bertipe Ground, jadi gunakan move bertipe Ground untuk bisa mengalahkannya dengan cepat. Setelah terkalahkan Volkner akan memberikan lencana kedelapan sekaligus terakhir kepada kalian dan juga TM Charge Beam. Dengan lencana kedelapan, kini semua Pokemon yang kalian dapatkan melalui trade akan mematuhi perintah kalian. Kalian juga kini bisa menggunakan HM Waterfall di luar pertarungan untuk menaiki air terjun.


Menuju Victory Road

Setelah mengalahkan Volkner dan mengobati Pokemon kalian, melangkahlah ke arah utara (atas) Sunnyshore untuk menuju ke rute 223. Tapi saat kalian akan melangkah kesana, rival kalian akan datang dan mengoceh tentang persaingan kalian berdua lalu pergi lagi. Jasmine, wanita yang ada disana yang melihat percakapan kalian dengan rival merasa senang melihat persahabatan kalian tersebut dan sebagai hadiah dia akan memberikan HM Waterfall. HM Waterfall adalah HM move yang bisa digunakan untuk menaiki air terjun. Ajarkan HM Move ini pada salah satu Pokemon tipe Water kalian yang bisa mempelajarinya karena move ini penting untuk menuju ke Victory Road. Maka berselancarlah melewati rute 223, kalahkan semua trainer yang ada disana hingga kalian mencapai air terjun besar. Gunakan move Waterfall, naiki air terjunnya dan beristirahatlah sejenak di Pokemon Center, obati Pokemon kalian sebelum kalian siap untuk tantangan Victory Road.


Victory Road

Victory Road adalah sebuah gua dengan jalan berliku yang harus kalian lewati untuk bisa mencapai gedung Pokemon League. Di dalamnya banyak trainer-trainer hebat dan Pokemon-Pokemon liar level tinggi yang siap menghadang langkah kalian. Kalahkan mereka semua untuk melatih Pokemon-Pokemon kalian dan bila kalian mencari Pokemon berlevel tinggi, disinilah tempatnya.Dalam perjalanan menuju pintu keluar dari Victory Road kalian mungkin akan menemukan sebuah pintu gua yang dihalangi oleh lelaki gendut. Pintu itu baru bisa kalian akses setelah kalian memenangkan liga Pokemon, jadi saat ini fokuskan langkah kalian untuk melewati dan keluar dari Victory Road.


Gerbang Liga

Keluar dari Victory Road akan membawa kalian ke air terjun lain. Naiki air terjun itu dan kalian akan mencapai gerbang liga Pokemon. Masuk ke dalamnya, sembuhkan Pokemon kalian dan stock item-item penting untuk pertarungan liga yang sangat menentukan.Stock item yang disarankan yaitu Hyper Potion, Max Potion, Revive, Full Heal, dan Full Restore.Bila memungkinkan, belilah item-item itu sebanyak-banyaknya. Dalam liga Pokemon kalian akan menghadapi empat trainer terkuat plus Champion liga yang tentunya sangatlah kuat. Kalian mungkin akan kesulitan mengalahkan mereka, karena itu disarankan untuk melatih Pokemon kalian hingga levelnya tinggi di atas 50-an atau 60-an, atau kalau di atas itu justru lebih baik. Pastikan juga Pokemon-Pokemon kalian memiliki ragam tipe yang berbeda dan juga move-move coverage yang mendukung. Move coverage adalah move yang member perlindungan terhadap Pokemon lawan yang menjadi ancaman. Contohnya Torterra yang lemah terhadap serangan/Pokemon Fire, akan tetapi Torterra memiliki Earthquake yang efektif menjatuhkan Pokemon Fire. Bila kalian sudah yakin untuk menantang liga Pokemon, maka bicaralah dengan lelaki yang menghalangi pintu tengah menuju Elite Four. Bicara dengan dia dan OOPS! Tiba-tiba rival kalian datang dan menantang kalian bertarung untuk kali terakhir.Dia ingin memastikan bahwa kalian telah siap menantang liga Pokemon.Jadi kalahkan dia dan buktikan bahwa kalian memang telah siap untuk menjadi juara liga Pokemon yang baru.


Elite Four

Setelah terkalahkan, rival akan pergi meninggalkanmu. Bicara dengan lelaki yang menghalangi pintu dan dia akan memastikan apakah lencana gym yang kalian miliki telah lengkap. Tentu saja lengkap, kalian tidak akan bisa melewati semua itu bila lencana kalian tidak lengkap. Lelaki itu pun menyingkir dan mempersilakan kalian untuk masuk melawan Elite Four.Elite Four adalah empat trainer terkuat yang ada di Sinnoh.Keempatnya adalah spesialis Pokemon bertipe elemen tertentu dan kalian harus memenangkan semuanya untuk bisa mencapai lokasi Champion.Ingat baik-baik, sekali kalian masuk ke dalam ruangan Elite Four, kalian tidak bisa kembali lagi ke gerbang utama. Apabila kalian terkalahkan sekali saja, kalian akan kembali ke gerbang dan harus mengulang dari Elite Four pertama lagi. Kemenangan beruntun adalah mutlak kalian dapatkan bila ingin menjadi Champion, juara baru liga Pokemon.Karena itulah siapkan Pokemon-Pokemon terbaik kalian, stock item-item penting, dan lakukan save sebelum kalian masuk ke ruangan Elite Four.
Elite Four Shodown

Elite Four pertama adalah Aaron, spesialis Pokemon bertipe Bug.Pokemon bertipe Bug lemah dengan serangan bertipe Fire, Flying, dan Rock, jadi serang menggunakan salah satu tipe serangan tersebut untuk mengalahkannya dengan mudah.
Elite Four kedua adalah Bertha, spesialis Pokemon bertipe Ground. Pokemon bertipe Ground lemah terhadap serangan bertipe Grass, Water, dan Ice, jadi serang dengan salah satu serangan bertipe tersebut untuk bisa mengalahkannya dengan mudah.
Elite Four ketiga adalah Flint, spesialis Pokemon bertipe Fire.Pokemon bertipe Fire lemah terhadap serangan bertipe Ground, Water, dan Rock, jadi serang dengan salah satu serangan bertipe tersebut untuk bisa mengalahkannya dengan mudah.
Elite Four keempat adalah Lucian, spesialis Pokemon bertipe Psychic. Pokemon bertipe Psychic lemah terhadap serangan bertipe Bug dan Dark, jadi serang dengan salah satu serangan bertipe tersebut untuk bisa mengalahkannya dengan mudah.
Akan tetapi perlu diingat bahwa kelemahan tipe itu bukan patokan untuk mengalahkan Elite Four mengingat Elite Four juga menggunakan Pokemon yang memiliki kombinasi tipe lainnya yang menjadikan serangan efektif itu menjadi tidak berarti. Sebagai contoh adalah Drapion Aaron yang memiliki kombinasi tipe Dark dan Poison yang artinya tidak efektif diserang dengan tipe Fire, Flying atau Rock tapi lemah terhadap serangan bertipe Ground. Yang perlu kalian lakukan adalah menyerang dengan serangan efektif terhadap Pokemon tersebut.
Champion

Setelah mengalahkan Elite Four terakhir, pastikan kalian untuk mengobati Pokemon kalian terlebih dahulu sebelum beranjak ke ruangan berikutnya.Ada trainer terkuat di Sinnoh yang disebut Champion yang telah menunggu tantangan kalian. Siapakah Champion itu? Maka bila telah memastikan Pokemon-Pokemon kalian dalam keadaan sehat maksimal, melangkahlah ke ruangan berikutnya untuk mengetahui siapa Champion yang harus kalian kalahkan untuk bisa menjadi juara baru liga Pokemon. Ternyata dia adalah Cynthia! Pertarungan ini akan menjadi pertarungan yang berat, pastikan kalian telah mempersiapkan diri kalian dengan sebaik-baiknya karena Cynthia adalah trainer terkuat yang akan kalian hadapi. Tentu kalian akan menjadi yang terkuat setelah mengalahkan Cynthia, karena itu hadapi dia dan kalahkan! Cynthia menggunakan kombinasi Pokemon dengan tipe yang berbeda-beda, salah satu Pokemonnya bahkan tidak memiliki kelemahan tipe.Inilah ujian terakhir kalian apakah kalian telah siap untuk menjadi Pokemon Champion.


Hall of Fame

Setelah berhasil mengalahkan Cynthia, Profesor Rowan akan datang dan terkejut dengan keberhasilan kalian. Cynthia lalu mengajak kalian ke ruang Hall of Fame untuk mencatat keberhasilan kalian tersebut. Pokemon-Pokemon dalam party kalian pun akan masuk dalam daftar Hall of Fame dimana semuanya akan mendapatkan Champion Ribbon. Perjalanan kalian menjadi Champion pun selesai sudah dan credit ending title akan mulai berjalan. Selamat, kalian baru saja memenangkan liga Pokemon dan itu tidaklah mudah. Lalu apa berikutnya? Tamat?
National Dex

Meskipun credit telah muncul, tapi masih banyak yang bisa kalian lakukan di Pokemon Platinum.Bisa dibilang perjalanan kalian masih berlanjut, kali ini sebagai world traveler.Lanjutkan petualangan kalian dengan klik Continue setelah credit selesai. Kalian akan berada di kamar kalian di Twinleaf. Buka PokeDex kalian dan lihatlah apakah kalian telah melihat semua Pokemon dalam PokeDex Sinnoh.Ada total 210 Pokemon yang harus kalian lihat/seen (bukan tangkap) untuk bisa melanjutkan petualangan kalian.PokeDex Sinnoh Platinum dimulai dari Turtwig berakhir di Giratina.Perhatikan baik-baik PokeDex kalian dan bila masih ada Pokemon yang belum kalian lihat, maka carilah Pokemon itu untuk melengkapi PokeDex kalian. Apabila semua Pokemon dalam PokeDex Sinnoh sudah kalian lihat (210 seen), pergilah ke laboratorium Profesor Rowan di Sandgem dan bicara dengannya. Profesor Oak akan datang dan melakukan upgrade pada PokeDex kalian menjadi National Dex. Ingat, kalian harus mendapatkan National Dex untuk bisa melanjutkan perjalanan kalian.


PokeRadar

Sebagai hadiah karena kalian telah melengkapi PokeDex Sinnoh, Profesor Rowan akan memberikan hadiah PokeRadar. PokeRadar adalah alat canggih untuk menemukan Pokemon-Pokemon yang tidak ada dalam PokeDex Sinnoh. Bicaralah dengan Dawn/Lucas di depan laboratorium Profesor Rowan dan dia akan menunggumu di rute 202 untuk mengajarimu cara menggunakan PokeRadar. Beberapa Pokemon dalam National Dex hanya bisa ditemukan dengan PokeRadar, jadi bila kalian berencana melengkapi National Dex, kalian harus menggunakan PokeRadar dengan maksimal. PokeRadar memunculkan rumput bergoyang (rustling grass) yang apabila didatangi akan encounter Pokemon liar tertentu dalam National Dex. Sayangnya PokeRadar membutuhkan tenaga baterai untuk menggunakannya yang harus kalian isi ulang dengan cara berjalan kaki.


Mass Outbreak

Mass Outbreak adalah situasi dimana terjadi kemunculan Pokemon secara besar-besaran di suatu area. Pokemon yang muncul biasanya adalah Pokemon yang langka dan jarang ditemukan di Sinnoh. Lokasinya acak dan bergantung pada waktu, untuk memastikannya kalian bisa bertanya pada adik Dawn/Lucas di rumahnya di kota Sandgem. Mass Outbreak adalah salah satu pilihan atau cara untuk bisa melengkapi data National PokeDex kalian.
Legendary Quest: Dialga dan Palkia

Bicara dengan Dawn di depan laboratorium Profesor Rowan dan dia akan mengatakan bahwa elder kota Celestic (nenek Cynthia) ingin bertemu dengan kalian. Setelah itu pergilah ke kota Celestic, masuklah ke dalam rumah besar di sudut kanan atas kota, bicara dengan nenek disana. Beliau mengatakan telah menemukan buku tua di Mt. Coronet dan mulai membacakannya untuk kalian.Cerita itu membuka kunci bagi kalian untuk menemukan Dialga dan Palkia. Pergilah ke sebuah ruangan di Mt. Coronet di atas air terjun yang diakses melalui jalan yang sama menuju Spear Pillar. Ada dua item di ruangan itu yaitu Adamant Orb dan Lustrous Orb.Ambil dua item itu lalu pergilah ke Spear Pillar. Saat masuk ke dalamnya kalian akan melihat Kristal biru besar yang berputar. Klik Kristal itu untuk berhadapan dengan Dialga.Setelah berhasil menangkap Dialga, keluarlah dari Spear Pillar lalu masuklah kembali ke dalamnya. Kali ini kalian akan melihat Kristal violet besar berputar disana. Klik Kristal itu untuk berhadapan dengan Palkia.Baik Dialga dan Palkia memiliki level 70, jadi pastikan kalian benar-benar siap untuk menangkapnya.


Pal Park

Kini kalian bisa mengakses Pal Park, sebuah tempat di selatan Sinnoh yang bisa diakses melalui perairan rute 219.Di Pal Park kalian bisa mendapatkan Pokemon-Pokemon dari region Hoenn dan Kanto dengan terlebih dahulu mengirimkannya dari game Pokemon versi Ruby/Sapphire/Emerald atau FireRed/LeafGreen. Pergilah ke Pal Park dan kalian akan bertemu Profesor Oak disana yang akan memberikan aplikasi Poketch PokeRadar Counter. Setelah kalian mengirimkan Pokemon Kanto/Hoenn kalian, ikutilah catching contest di Pal Park untuk mendapatkannya dan membawanya dalam party Sinnoh Platinum kalian.
Legendary Quest: Articuno, Zapdos, dan Moltres

Pergilah ke kota Eterna dan masuklah ke dalam sebuah rumah di pojok kiri bawah kota itu. Bicara dengan Profesor Oak dan dia akan memberikanmu UpGrade. Dia juga mengatakan bahwa trio Pokemon burung legendaris Kanto yaitu Articuno, Zapdos, dan Moltres terlihat menjelajah atau roaming wilayah Sinnoh.Gunakan aplikasi Poketch Marking Map untuk menemukan lokasi mereka di rumput liar atau permukaan air. Sama seperti Mesprit, kalian harus berjalan atau bersepeda untuk menemukannya. Mereka juga akan kabur saat kalian temui, jadi gunakan move Mean Look atau Block untuk mencegah mereka kabur. Ketiga Pokemon burung legendaris ini memiliki level 60, pastikan kalian siap untuk menangkap mereka.
Legendary Quest: Cresselia

Pergilah ke kota Canalave dan masuklah ke rumah Sailor Eldtrich. Bicara dengan ibu anak yang sedang tertidur. Sang ibu akan mengatakan bahwa anaknya tertidur dalam mimpi buruk dan tidak bisa terbangun. Beliau mengatakan untuk membangunkannya dibutuhkan Lunar Wing.Sayangnya suaminya sudah mencarinya di Fullmoon Island namun tidak menemukannya. Kini keluarlah dari rumah, bicara dengan pelaut di dermaga yang tak lain adalah Sailor Eldtrich untuk pergi berlayar ke Fullmoon Island. Setibanya di Fullmoon Island, jelajahi pulau hingga kalian bertemu dengan Cresselia. Cresselia akan langsung pergi saat kalian menemukannya, akan tetapi dia meninggalkan Lunar Wing. Ambil Lunar Wing dan kembalilah ke Canalave.Masuk ke dalam rumah Sailor Eldtrich dan gunakan Lunar Wing untuk membangunkan anak yang tertidur dan bermimpi buruk disana.Sejak itu Cresselia mulai bergerak menjelejah atau roaming di wilayah Sinnoh.Gunakan aplikasi Poketch Marking Map untuk menemukan lokasinya di rerumputan atau permukaan air.Sama seperti Mesprit dan Pokemon burung legendaries, kalian harus berjalan atau bersepeda untuk menemukannya. Cresselia level 50 ini juga akan kabur saat kalian temui, jadi gunakan move Mean Look atau Block untuk mencegah mereka kabur.


Turnback Cave

Ingat gua yang jalan masuknya dihalangi oleh Cynthia setelah kita keluar dari Distortion World? Gua itu adalah Turnback, sebuah gua labirin panjang berkabut yang akan membawa kita ke ruangan dimana Giratina telah menunggu disana apabila kita belum menangkapnya di Distortion World. Jadi bila kalian belum mendapatkan Giratina, ini adalah kesempatan kedua kalian untuk bisa menangkapnya. Apabila kalian sudah menangkapnya sebelumnya, ada portal di ruangan itu yang akan membawa kalian ke Distortion World. Akan muncul jalan lain di Distortion World dimana kalian bisa mendapatkan Griceous Orb, Orb yang bisa digunakan untuk merubah bentuk Giratina menjadi Origin Form di dunia manusia apabila dipasangkan padanya.
Legendary Quest: Regigigas

Pergilah ke kota Snowpoint, tepatnya di bagian utara kota di Snowpoint Temple. Saat kalian akan masuk, penjaga di depan temple akan mencegah kalian, mengatakan bahwa hanya trainer terpilih yang boleh masuk ke dalamnya. Kemudian Candice akan datang dan mengatakan untuk memperbolehkan kalian masuk. Kalian pun kini bisa masuk ke dalam Snowpoint Temple. Jelajahi Temple dengan beberapa lantainya yang terbuat dari es ini hingga mencapai dasar temple dimana kalian akan melihat patung Pokemon besar. Itu adalah patung Regigigas, Pokemon legendaries.Untuk membangkitkan Pokemon itu, kalian memerlukan tiga Pokemon legendaris lainnya yaitu trio Regis yang terdiri dari Regirock, Regice, dan Registeel di dalam party kalian. Apabila kalian sudah mendapatkan trio regis dari versi Ruby/Sapphire/Emerald, kirimkan ketiga Pokemon itu melalui PalPark dan bawa Pokemon itu dalam party kalian saat berhadapan dengan patung Regigigas di Snowpoint Temple. Regigigas level 1 akan bangkit dan inilah kesempatan kalian untuk mendapatkannya.
Sisi Lain Victory Road: Rute 224

Ingat gua di dalam Victory Road yang jalan masuknya dihalangi lelaki gendut?Pergilah kesana dan sekarang lelaki gendut itu sudah tidak berdiri disana lagi. Masuklah ke dalamnya dan kalian akan bertemu Marley, yang mengajak kalian bersama-sama keluar menuju sisi lain gua berkabut itu. Selama dalam perjalanan, Marley akan mengobati Pokemon kalian seusai pertarungan. Saat mendekati pintu keluar, Marley akan mengatakan sesuatu tentang Stone Tablet dan kemudian meninggalkanmu. Lanjutkan perjalanan kalian ke rute 224, sebuah rute dengan banyak trainer untuk dikalahkan dan banyak item untuk didapatkan. Rute 224 ini terhubung dengan Seabreak Path yang akan muncul melalui event Oak’s Letter untuk mendapatkan Shaymin di Flower Paradise (baca bagian Legendary Quest: The Event).
Fight Area

Pergilah ke kota Snowpoint dan bicaralah dengan pelaut yang ada di samping kapal yang merapat disana. Cynthia akan datang dan menyuruhmu untuk menunjukkan kemampuanmu di Fight Area. Jadi bicara dengan pelaut untuk menumpang kapal menuju Fight Area. Fight Area adalah tempat yang tepat untuk bertarung, sesuai dengan namanya. Saat baru turun dari kapal, rival kalian telah menunggu dan mengajak kalian ke Battle Frontier, dimana dua bersahabat Volkner dan Flint menghalangi jalan ke Battle Frontier. Rival akan mengajak kalian bertarung bersama seperti yang kalian lakukan di Spear Pillar. So, bekerjasamalah dengan rival untuk mengalahkan Volkner dan juga Flint. Setelah terkalahkan, Volkner dan Flint akan pergi dan seorang lelaki akan keluar dari dalam Battle Frontier. Dia adalah Palmer, ayah rival kalian yang ternyata adalah Tower Tycoon. Setelah itu Palmer akan kembali masuk kembali dan rival kalian pergi begitu saja. Lalu anak laki-laki berambut merah bicara pada kalian, memperkenalkan dirinya sebagai Buck dan setelah mengatakan tentang Survival Area dia lalu pergi.
Battle Frontier

Battle Frontier adalah sebuah tempat dimana kalian bisa menguji kemampuan pertarungan kalian dalam lima jenis fasilitas dengan system pertarungan yang berbeda. Saat pertama masuk ke dalam tempat ini, kalian akan disapa dan Vs. Recorder kalian akan diupgrade. Ada lima fasilitas battle yang bisa kalian coba yaitu Battle Tower, Battle Arcade, Battle Hall, Battle Castle, dan Battle Factory. Apabila kalian berhasil memenangkan 21 pertarungan secara berturut tanpa kekalahan, pada pertarungan ke-22 kalian akan berhadapan dengan leader dari masing-masing fasilitas. Kalian akan berhadapan dengan Palmer untuk Battle Tower, Thorton untuk Battle Factory, Dahlia untuk Battle Arcade, Darach untuk Battle Castle, dan Argenta untuk Battle Hall. Pengecualian untuk Battle Hall dimana kalian baru akan bertarung dengan Hall Matron Argenta pada pertarungan ke-50.


Survival Area

Melangkah ke gerbang di dekat dermaga Fight Area. Lelaki di dekat gerbang akan memberikan Super Rod, alat pancing paling keren dalam game ini. Dengan Super Rod kalian bisa memancing spesies Pokemon air yang lebih bervariasi,lebih canggih dari Good Rod. Setelah itu melangkalah ke rute 225 menuju Survival Area. Telusuri rute 225 hingga kalian tiba di Survival Area. Disini terdapat sebuah rumah bertuliskan “Members Only” dimana kalian belum bisa memasukinya. Di bagian atas, terdapat rumah Move Tutor yang akan mengajarkan beberapa move dengan menukarkan shard. Sembuhkan Pokemon kalian di Pokemon Center lalu lanjutkan perjalanan menuju Stark Mountain.
Stark Mountain

Telusuri rute 226 yang berlanjut dengan rute air menggunakan Surf. Di tengah perairan itu terdapat rumah Meister yang akan melakukan upgrade PokeDex sehingga kalian bisa melihat deskripsi Pokemon dalam bahasa lain seperti Jepang, Prancis, Spanyol, dan Jerman.Selesai berurusan dengan Meister, pergilan ke utara perairan untuk mencapai rute 227 yang berakhir di Stark Mountain. Awal memasuki rute 227 kalian akan bertemu dengan Wake dan rival kalian. Wake memperingatkan tentang Pokemon kuat yang menghuni Stark Mountain dan setelah itu pergi disusul rival kalian. Sebelum melanjutkan perjalan kesana, ada baiknya kalian beristirahat di dalam rumah yang ada disana. Di rute 227, mendekati Stark Mountain kalian akan mendapati hujan abu. Teruskanlah perjalanan kalian dimana kalian akan bertemu Buck yang meminta kalian berpatroli di Stark Mountain. Masuklah ke dalam gua Stark Mountain dimana tiga commander Team Galactic menyambut kalian di dalamnya. Mars dan Saturn kemudian menantang kalian dalam pertarungan Pokemon, yang perlu kalian lakukan adalah mengalahkan mereka. Setelah terkalahkan, Mars dan Saturn yang tidak setuju dengan rencana Charon memutuskan keluar dari Tim Galactic lalu pergi begitu saja dari Stark Mountain. Sebaliknya Charon, lelaki tua yang mengklaim sebagai pemimpin baru Team Galactic sepeninggal Cyrus bersama dua grunt Team Galactic masuk lebih dalam ke Stark Mountain. Kejar dia ke dalam Stark Mountain hingga Buck datang. Merasa terganggu dengan keberadaan Team Galactic, Buck memutuskan melakukan perjalanan bersama kalian untuk menemukan Team Galactic. Selama perjalanan bersamanya, Buck akan mengobati Pokemon kalian seusai pertarungan. Telusuri terus Stark Mountain hingga kalian mencapai sebuah ruangan dimana Charon berada. Charon mengklaim dengan menggunakan Magma Stone dia bisa membangkitkan Heatran dan mengendalikan gunung berapi. Saat itulah dari sebuah batu muncul Croagunk yang berlari dan mengambil Magma Stone dari Charon. Rupanya batu yang ada di ruangan itu adalah Looker yang sedang menyamar. Saat itulah datang dua orang polisi yang menangkap Charon dan membawanya pergi.
BattleGround: Gym Leader Rematch

Setelah Charon tertangkap, Buck memutuskan kembali ke Survival Area sementara tugas Looker telah selesai dan itulah pertemuan terakhir kalian dengan Looker. Kembalilah ke Survival Area dimana Buck dan rival kalian telah menunggu di depan rumah bertuliskan “Members Only”. Kini kalian diizinkan masuk ke dalam rumah itu yang ternyata adalah BattleGround, dimana kalian bisa menantang kembali para Gym Leader Sinnoh dan juga lima trainer yang pernah mendampingi kalian dalam perjalanan (Cheryl, Mira, Riley, Marley, Buck). Kalian juga bisa bertarung kembali dengan rival kalian di setiap hari Sabtu dan Minggu.
Legendary Quest: Heatran

Ingat dengan ucapan Wake tentang Pokemon kuat yang menghuni Stark Mountain dan juga cerita salah seorang di Survival Area tentang Pokemon yang lahir dari lava? Setelah bisa mengakses BattleGround di Survival Area, kini kembalilah ke Stark Mountain, tepatnya di ruangan dimana Charon ditangkap. Kalian pasti akan terkejut saat mendapati kini ada Pokemon di dalamnya. Pokemon itu adalah Heatran, Pokemon legendaris bertipe Fire dan Steel. Levelnya 50, level yang sama yang dimiliki trio danau legendaris. Jadi siapkan diri kalian dan bola penangkap terbaik kalian (Ultra Ball/Dusk Ball) untuk bisa menangkap Pokemon magma ini.


Ultimate Move

Rute 228 adalah rute dengan badai pasir yang ganas tiada akhir. Di rute ini terdapat rumah Move Tutor yang akan mengajarkan move terkuat khusus untuk bentuk evolusi terakhir dari Pokemon starter. Dia akan mengajarkan Frenzy Plant pada Pokemon starter tipe Grass (Torterra, Venusaur, Meganium, Sceptile), Blast Burn pada Pokemon starter tipe Fire (Infernape, Charizard, Typhlosion, Blaziken) atau Hydro Cannon pada Pokemon starter tipe Water (Empoleon, Blastoise, Feraligatr, Swampert). Kalian bisa mendapatkan move ini berkali-kali dan itu gratis! Syaratnya cuma happiness Pokemon starter kalian tersebut haruslah tinggi. Selain rumah move tutor, terdapat pula sebuah rumah dimana di dalamnya seorang lelaki akan bercerita mengenai masa kecil Cyrus yang menyedihkan.


Resort Area

Rute 228 akan membawa ke rute 229, sebuah rute yang nantinya bercabang dua. Di sebelah barat (kiri) rute ini menuju ke rute 230 yang akan membawa kalian kembali ke Fight Area sementara di sebelah selatan (bawah) rute ini menuju Resort Area. Pergilah ke Resort Area, sebuah tempat dimana kalian bisa beristirahat dari lelahnya bertarung Pokemon. Di Resort Area terdapat Ribbon Syndicate dan sebuah vila besar yang... hei, pemiliknya memberikannya pada kalian secara gratis! Untuk bisa masuk ke Ribbon syndicate kalian harus memiliki paling tidak sepuluh ribbon yang berbeda dalam party kalian. Di dalamnya banyak fasilitas yang bisa kalian nikmati salah satunya adalah spa Pokemon untuk meningkatkan happiness Pokemon kalian. Sementara itu mengenai vila... Yeah, sekarang vila besar itu menjadi milik kalian dan kalian bisa mendekorasinya menurut selera kalian sendiri! Dekorasi vila kalian sebaik mungkin karena mungkin saja beberapa orang akan datang mengunjungi kalian seperti rival kalian dan Profesor Rowan, para Gym Leader atau bahkan Champion Cynthia!
Elite Four Rematch!

Bila kalian mencari lawan tangguh dalam pertarungan Pokemon, kalian bisa kapan saja menantang kembali para Elite Four beserta Championnya. Tentunya pada tantangan kedua kemampuan mereka telah meningkat lebih baik dibandingkan sebelumnya dimana kini Pokemon mereka memiliki level yang meningkat sebanyak 15 sampai 16 level! Tapi bagi trainer hebat yang memiliki vila seperti kalian, hal seperti itu pastilah bukan masalah. Jadi tak ada salahnya membuktikan betapa kuatnya kalian sebagai trainer Pokemon dengan menantang mereka kembali bukan?


Legendary Quest: The Event

Beberapa Pokemon legenda hanya bisa didapatkan apabila memiliki item tertentu yang dibagikan melalui event distribusi wifi dari Nintendo. Untuk saat ini masa event distribusi itu sudah lewat, jadi tidak dimungkinkan untuk mendapatkan item-item tersebut. Akan tetapi dimungkinkan untuk mendapatkan item-item tersebut melalui kode Action Replay. Berikut ini adalah action replay untuk mendapatkan item-item tersebut. Masukkan kodenya, lalu tekan L+R untuk mengaktifkannya. Setelah itu masuklah ke dalam PokeMart dan bicara dengan Postman yang ada disana untuk mendapatkan itemnya dan pergilah ke tempat-tempat dimana item itu akan berfungsi.
Legendary Event 1: Shaymin

Kalian membutuhkan item Oak's Letter untuk mengakses Seabreak Path yang menghubungkan rute 224 dengan Flower Paradise. Setelah mendapatkan Oak's Letter, pergilah ke rute 224 tepatnya di batu butih besar Stone Tablet dimana Profesor Oak telah menunggu disana. Marley akan datang mengatakan sesuatu tentang batu itu. Bicaralah dengan Profesor Oak dan Profesor Oak akan memintamu menuliskan sesuatu di atas batu putih besar itu. Tuliskan apa saja dan sebuah jalan penuh bunga akan terbuka dimana Shaymin akan datang melihat kalian setelah itu pergi. Ikuti Shaymin di Seabreak Path yang akan membawa kalian ke Flower Paradise, dimana kalian bisa menangkapnya. Shaymin memiliki dua bentuk yaitu Land form yang bertipe Grass dan Sky Form yang bertipe ganda Grass/Flying. Untuk merubahnya menjadi Sky Form, kalian perlu bicara dengan seorang wanita di Floaroma yang mengatakan sesuatu tentang bunga Gracidea.

Kode Oak’s Letter
94000130 FCFF0000
62101D40 00000000
B2101D40 00000000
0000B5D4 00000009
0000B5D8 00000000
D2000000 00000000
Legendary Event 2: Darkrai

Kalian membutuhkan Member's Card untuk bisa masuk ke Harbor Inn yang terkunci di kota Canalave. Setelah mendapatkan Member's Card, pergilah ke kota Canalave tepatnya di sebuah rumah terkunci bertuliskan Harbor Inn. Papan di depan rumah yang sebelumnya tidak bisa kalian baca kini bisa kalian baca sepenuhnya dan kini kalian bahkan bisa masuk ke dalam rumah itu. Saat masuk ke dalamnya, seseorang yang aneh akan langsung menyambut kalian dan mempersilakan kalian tidur di tempat tidur. Kalian lalu tertidur dan bermimpi buruk, mendapati kalian berada di Newmoon Island. Jelajahi Newmoon Island hingga kalian bertemu Darkrai. Setelah kalian berhasil menangkap Darkrai, terdengar suara misterius ??? yang mengatakan sesuatu tentang mimpi buruk dan alasan kenapa Darkrai berada di Newmoon Island. Selanjutnya kalian akan terbangun dan ketika keluar dari dalam rumah akan ada sailor yang mengatakan bahwa kalian telah tertidur lama dan menanyakan apa yang kalian lakukan di sebuah rumah yang sudah lima puluh tahun lamanya tak berpenghuni. Jadi, siapakah laki-laki yang kalian temui di dalam rumah itu?

Kode Member's Card
94000130 FCFF0000
62101D40 00000000
B2101D40 00000000
0000B5D4 00000008
0000B5D8 00000000
D2000000 00000000
Legendary Event 3: Manaphy dan Phione

Manaphy didapatkan melalui kiriman dari Pokemon Ranger di Fiore, Almia, atau Oblivia dalam bentuk egg/telur. Apabila kalian tidak memainkan game Pokemon Ranger, kalian bisa mendapatkannya dengan memasukkan kode di bawah ini lalu ambillah dari Postman di PokeMart terdekat. Apabila kalian melakukan breed Manaphy dengan Ditto, maka akan menhasilkan telur Pokemon legendaris lainnya, Phione.

Kode Manaphy Egg
94000130 FCFF0000
62101D40 00000000
B2101D40 00000000
0000B5D4 00000007
0000B5D8 00000000
D2000000 00000000
Transformation Event: Rotom

Rotom, Pokemon bertipe Electric/Ghost yang kalian dapatkan dari dalam televisi di rumah berhantu Old Chateau saat malam hari itu dapat berubah bentuknya menjadi lima bentuk. Untuk merubah bentuknya kalian harus masuk ke sebuah ruangan di Galactic Eterna Building yang terkunci. Untuk membukanya kalian membutuhkan Secret Key yang bisa kalian dapatkan dengan memasukkan kode di bawah ini. Setelah mendapatkan kuncinya, masuklah ke ruangan tersebut lalu klik pada salah satu dari lima benda elektronik yang ada disana dan Rotom akan berubah menyerupai benda elektronik tersebut.

Kode Secret Key
94000130 FCFF0000
62101D40 00000000
B2101D40 00000000
0000B5D4 0000000C
0000B5D8 00000000
D2000000 00000000
Ultimate Legendary Event: Arceus

Arceus adalah Pokemon legenda terakhir yang ada dalam National Dex Platinum. Pokemon ini berdiam di Hall of Origins di puncak Spear Pillar. Untuk mengaksesnya kalian membutuhkan item Azure Flute dan juga sudah mendapatkan Dialga - Palkia. Setelah mendapatkan Azure Flute pergilah ke Spear Pillar dan sebuah tangga akan muncul yang membawa kalian ke tempat "tuhannya" Pokemon, Arceus. Tipe dasar Arceus adalah Normal, akan tetapi tipe ini akan berubah apabila kalian memasangkan plate tertentu sebagai hold item. Ada total 17 plate yang masing-masing mewakili tipe elemen Pokemon. Plate-plate ini bisa kalian temukan tersebar di wilayah Sinnoh.

Kode Azure Flute
94000130 FCFF0000
62101D40 00000000
B2101D40 00000000
0000B5D4 0000000A
0000B5D8 00000000
D2000000 00000000


***

Demikian walkthrough Pokemon Platinum berbahasa Indonesia yang disusun khusus untuk para trainer Pokemon di Indonesia yang kesulitan. Semoga walkthrough ini berguna dan bisa membantu kalian semua. Walkthru ini sendiri disusun berdasarkan petunjuk resminya sehingga tersusun secara kronologis agar mudah diikuti.

~Ditulis oleh Elite Four L.

pokemon_platinum.rar.001
File Size: 9437 kb
File Type: 001
Download File

pokemon_platinum.rar.002
File Size: 9437 kb
File Type: 002
Download File

pokemon_platinum.rar.003
File Size: 9437 kb
File Type: 003
Download File

pokemon_platinum.rar.004
File Size: 4944 kb
File Type: 004
Download File

 


Comments

Riko Aditama C
12/16/2013 7:35am

Kalau Pokemon Diamond / Pearl gimana??

Reply
12/18/2013 8:53am

Disarankan memainkan Platinum, karena lebih lengkap dan ada fitur tambahan.

Reply
Barikly
02/14/2014 1:42am

Bang kalo mainnya pake GBA bisa tamat kaga ???

Reply
Barikly
02/14/2014 1:58am

oh y bang 1 lagi, rar di atas di mainin pake GBA ato Nintendo ??
mohon pencerahannya... Soalnya ane main pake GBA yg sub Eng cman bisa sampai kotanya Darkrai... ampe situ dah bingung lanjut ke mana T__T

Reply
Barikly
02/14/2014 2:30am

oh y maaf bang sebelumnya, kalo mainnya pake NDS tolong kasih web downloadnya. sekian ... Terima kasih Infonya ^ ^

Reply
Barikly
02/14/2014 5:36pm

oh y bang, yg rar 1 ko ga bisa di extract ??
mohon pencerahaannya..

Reply
Barikly
02/14/2014 5:40pm

soalnya yg rar 1 file nya beda dg file yg rar 2,3,4..

Reply
02/17/2014 7:20am

Download file RAR di atas, mulai dari RAR 1 sampai RAR 4, lalu join dengan HJSPLIT. Nah, setelah itu mainkan dengan emulator Nintendo DS yaitu Desmume. Game Pokemon Platinum dimainkan di Nintendo DS, bukan GBA.Kalau GBA, berarti itu game hack.

Reply



Leave a Reply